Text
TESIS: PENGARUH KOMPETENSI DAN POPULARITAS DAI TERHADAP MINAT MAHASISWA IAIN BONE DALAM MENGIKUTI KEGIATAN DAKWAH
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi dan popularitas dai terhadap minat mahasiswa IAIN Bone dalam mengikuti kegiatan dakwah, dengan tujuan untuk: 1) menguji pengaruh kompetensi dai terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah; 2) menguji pengaruh popularitas dai terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah; dan 3) menguji pengaruh kompetensi dai dan popularitas dai secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa IAIN Bone dalam mengikuti kegiatan dakwah.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (survei) dengan pendekatan secara metodologis (positivistik-kuantitatif) dan keilmuan (dakwah dan komunikasi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa IAIN Bone, khususnya di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, angkatan 2018 dan 2019, sebanyak 293 orang dengan sampel 169 orang menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t, uji f, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi dai terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Dai yang memiliki tingkat kompetensi yang tinggi mampu mempengaruhi minat mahasiswa untuk mengikuti dakwah. Kompetensi bagi seorang dai adalah suatu penggambaran yang ideal, sekaligus sebagai target yang harus mereka penuhi agar dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Terbukti dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,432 dan signifikansi 0,000 (sig < 0,05); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan popularitas dai terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Dai yang memiliki hal-hal yang menunjang popularitas sangat berguna untuk menarik perhatian mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Terbukti dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,639 dan signifikansi 0,000 (sig < 0,05); 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi dan popularitas dai secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Kompetensi dan popularitas yang dimiliki dai menentukan tinggi rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Semakin tinggi kompetensi dan popularitas yang dimiliki seorang dai, maka semakin berpeluang untuk menarik perhatian mahasiswa dalam mengikuti kegiatan dakwah. Terbukti dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 63.341 > 3.05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,426.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) seorang dai hendaknya terus berupaya meningkatkan kompetensi dalam berdakwah guna menarik minat sasaran dakwah (mahasiswa) dalam mengikuti kegiatan dakwah, tidak terkecuali untuk keberhasilan dakwah yang dilakukan; dan 2) seorang dai hendaknya membangun popularitas dengan berusaha menemukan jati diri dan mengaktualkan diri agar sasaran dakwah dapat lebih antusias dalam mengikuti kegiatan dakwah.
Tidak tersedia versi lain