Text
TESIS: ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN PRIMA BERHADIAH TERHADAP KENAIKAN DANA PIHAK KETIGA (Studi Kantor Bank Muamalat Indonesia Cabang Makassar)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan prima berhadiah dalam penghimpunan dana pihak ketiga pada KC Bank Muamalat Makassar. Kedua untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan stategi pemasaran produk terhadap kondisi dana pihak ketiga pada produk tabungan prima berhadiah pada Bank Muamalat Cabang Makassar. Ketiga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tabungan prima berhadiah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, pertama bagaimana strategi pemasaran produk tabungan prima berhadiah dalam penghimpunan dana pihak ketiga. Kedua, Bagaimana dampak stategi pemasaran produk terhadap kondisi dana pihak ketiga pada produk tabungan prima berhadiah, dan yang ketiga bagaimana kelebihan dan kekurangan produk tabungan prima berhadiah.
Untuk mendapatkan jawaban atas rumusan masalah yang ada, maka Peneliti menggunakan penelitian lapangan (phill research) dan penelitian pustaka (library research) menggunakan pendekatan teologi normatif dengan mengkaji unsur-unsur perbankan syariah yang dilakukan oleh Bank Muamalat yang berlandaskan atas sumber hukum Islam (al-Qur’an, Hadis, dan Ijma para ulama) tentunya juga melihat bagaimana perubahan masyarakat perihal kegiatan ekonomi yang berkembang dimasyarakat dilakukan dengan pendekatan sosiologis ekonomi dan pendekatan fenomenologi.
Hasil penelitian yaitu: Pertama stategi pemasaran produk terhadap kondisi dana pihak ketiga pada produk tabungan prima berhadiah pada Bank Muamalat Cabang Makassar terdiri dari 7 strategi, yaitu lead customer profil dari retail banking strategy (rbs), call nasabah lead, make an appointment, sosialisasi, promosi, strategi peningkatan saldo, strategi pemberian hadiah. Kedua dampak strategi pemasaran produk tabungan prima berhadiah di bank Muamalat Indonesia cabang kota Makassar terhadap kondisi penghimpunan dana pihak ketiga dinilai cukup efektif, hal ini dapat dilihat pada meningkatnya jumlah nasabah yang menabung pada produk tabungan prima berhadiah serta bertambahnya jumlah dana pihak, dimana dalam 5 tahun terakhir mengalami peningkatan. Ketiga Kelebihan produk tabungan prima berhadiah, yaitu Nasabah bebas memilih hadiah yang diinginkan diterima diawal dan tapa undian, Nasabah mendapatkan bagi hasil tabungan, dana aman, dan bebas biaya administrasi bulanan. Adapun kekurangan produk tabungan prima berhadiah, yaitu di luar elektronik dan gadget harus ganti nilai hadiah 100%+ pajak hadiah, tabungan mengendap, dana tidak dapat ditransaksi, dan pemotongan dana pada pencairan sebelum waktunya.
Implikasi dari penelitian ini adalah Penguatan srategis produk perbankan syariah baik dalam aspek pemasaran hingga pelayanan masih sangat perlu digalakkan, mengingat pola komsumtif masyarakat pada perbankan syariah dalam kondisi transisi serta mengahadapi berbagai tantangan operasional yang dapat menghambat penggunaan perbankan syariah di tengah masyarakat
Tidak tersedia versi lain