Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PENGARUH KESEJAHTERAAN DAN BURNOUT TERHADAP KINERJA
GURU HONORER PAI TINGKAT SD DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PENGARUH KESEJAHTERAAN DAN BURNOUT TERHADAP KINERJA GURU HONORER PAI TINGKAT SD DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE

MUHAMMAD AYYUB SYAMSUL - Nama Orang;

Guru honorer ikut berperan dalam mewujudkan harapan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Namun faktanya sebagian guru honorer masih belum mencapai kinerja yang optimal. Faktor yang menentukan kinerja guru honorer yaitu dari segi kesejahteraan dan rentan mengalami burnout. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu ingin mengkaji tingkat kesejahteraan, bunorut, dan kinerja guru honorer serta mengetahui pengaruh kesejahteraan dan burnout terhadap kinerja guru honorer khususnya guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang adalah 30 orang dan diambil seluruhnya sebagai sampel peneltian. Selanjutnya penelitian ini menggunakan tiga instrumen pengkuran yaitu kuisioner kesejahteraan guru, Measurement Burnout Inventory (MBI) untuk mengukur burnout dan kuisioner kinerja guru. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS Ver. 25 dan Microsoft Excel Ver. 2019.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa nilai mean tingkat kesejahteraan guru honorer PAI yaitu 32,5 dan berada pada interval kelas berkategori kurang baik. Nilai mean pada tingkat burnout yaitu 31,4 yang berada pada interval kelas berkategori sedang. Adapun nilai mean pada tingkat kinerja yaitu 52,1 yang berada pada interval kelas berkategori cukup baik. Hasil analisis regresi sederhadana dan berganda menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kesejahteraan terhadap kinerja guru honorer PAI dengan nilai t hitung > t tabel (4,717 > 2.048) dengan signifikansi 0.000< 0.05, maka H_1 diterima. Kontribusi efektif pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru sebesar 35,9% dan sisanya sebesar 64,1% dipengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan burnout terhadap kinerja. Uji hipotesis pada sisi kiri (-t hitung) < (-ttabel) yaitu (-3.959) < (-2.048) dengan signifikansi 0.003< 0.05, maka H_1 diterima. Kontribusi efektif pengaruh burnout terhadap kinerja guru sebesar 44,3% dan sisanya sebesar 55,7% dipengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain. 3) Terdapat pengaruh kesejahteraan dan burnout secara bersama-sama terhadap kinerja guru honorer PAI dengan nilai F hitung > F tabel (16,924>3.35) dengan signifikansi 0.000 < 0.05, maka H1 diterima. Besar kontribusi terlihat pada nilai Adjusted R Square = 0.556 mengandung makna bahwa 55,6% kinerja dijelaskan oleh kesejahteraan dan burnout secara bersama-sama, dan 44,4% kinerja dipengaruhi oleh variabel lain.
Implikasi dari penelitian ini adalah kinerja guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang dapat tingkatkan melalui pemenuhan kesejahteraan guru, karena diperoleh kesejahteraan berpengaruh positif berdasarkan teori yang dikaji dalam penelitian ini. Kemudian kinerja guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang dapat pula ditingkatkan melalui upaya mengatasi burnout karena diperoleh pengaruh yang berlawanan arah berdasarkan teori yang dikaji dalam penelitian ini.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 371
80200218002
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?