Text
TESIS: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 18 MAKASSAR
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang di ajar dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 18 Makassar. (2) Mendeksripsikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang di ajar menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 18 Makassar. (3) Menguji apakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 18 Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment. Adapun bentuk desain yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 18 Makassar yang berjumlah 285 orang. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI A 3 dan XI A 5 masing-masing terdiri dari 33 orang, dengan teknik cluster sampling yaitu teknik penentuan sampel dilakukan secara random. Metode yang digunakan adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, tes hasil belajar dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai, yaitu kelas kontrol pretest dengan nilai rata-rata 68 berada pada kategori tinggi dan posttest dengan nilai rata-rata 77 berada pada kategori tinggi yang menunjukan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik diajar dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran PBL, sedangkan pada kelas eksprimen pretest dengan nilai rata-rata 67 berada pada kategori tinggi dan posttest dengan nilai rata-rata 86 berada pada kategori sangat tinggi yang menunjukan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajardengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dan pada uji efektivitas dengan rumus N-Gain diketahui bahwa nilai N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,149 dan kelas eksperimen adalah 0,295. Karena memiliki nilai lebih besar dari nilai signifikansi yaitu 0,05, maka disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Adapun implikasi dalam penelitian ini yaitu penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis PBL dan kooperatif tipe NHT mempengaruhi hasil belajar peserta didik, maka dari itu seyogyanya guru melakukan diseminasi pemanfaatan media untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pihak sekolahpun diharapkan menambah sarana dan prasarana sekolah, khususnya memberikan fasilitas untuk menggunakan LKPD.
Tidak tersedia versi lain