Text
TESIS: IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI PENGAWAS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi tugas pokok dan fungsi pengawas madrasah dalam peningkatan mutu Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tanete Riattang. Pokok masalah tersebut selanjutnya di-breakdown ke dalam beberapa submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana pemahaman pengawas mengenai tugas pokok dan fungsi pengawas madrasah dalam peningkatan mutu madrasah, 2) Bagaimana perencanaan program pengawasan tugas pokok dan fungsi pengawas madrasah dalam peningkatan mutu madrasah, 3) Bagaimana pelaksanaan pengawasan guna meningkatkan mutu Madrasah Aliyah se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: Pendekatan pedagogik, manajemen dan fenomenologi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Kementerian Agama Kab.Bone, Pengawas Madrasah Aliyah Kab.Bone, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone, Kepala Madrasah Aliyah Al-Junaidiyah Biru Kab.Bone, Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone, Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone dan Guru Madrasah Aliyah Al-Junaidiyah Biru Kab.Bone. Selanjutnya metode penguumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakuukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemahaman pengawas kurang memahami terkait regulasi kepengawasan. Sehingga model kepengawasannya belum ada nilai-nilai kreativitas dan inovasi pada tahap pelaksanaan kepengawasan yang dilakukan. Dengan model pengawasan yang menggunakan dokumen kepengawasan turun temurun dan proses kelapangan sebagai kunjungan rutin tanpa menggali lebih jauh terkait kekurangan dan kebutuhan warga madrasah. Pengawas dalam hal menyusun proram perencanaan pengawasan mulai dari penyusunan program tahunan, penyusunan program semester dan persiapan instrument-instrumen pengawasan sesuai data yang diperoleh peneliti dan hasil penelitian, telah menunjukkan bahwa secara terstruktur telah dibuat sesuai dengan standar program perencanaan pengawasan. Pengawas dalam hal ini Drs.Arifin,M.Pd.I menyusun sedemikian rupa terkait program perencanaan pengawasan dalam bentuk tabel. Sehingga dalam proses pelaksanaannya memiliki acuan yang konsisten dan terstrutur akan tetapi masih terkesan monoton dan kaku. Drs.Arifin,M.Pd.I melaksanakan proses pengawasannya pada 24 madrasah. Inilah yang kemudian menjadi wilayah pembinaan, pembimbingan dan pengembangan pengawas dengan kunjungan pengawas dilakukan sekali dalam sebulan. Jarak antara sekolah satu dengan yang lainnya cukup jauh yang membuat proses pengimplementasian tugas pokok dan fungsi pengawas madrasah kurang maksimal. Jumlah sekolah binaan dengan jumlah pengawas juga tidak seimbang sehingga pengawas sulit memenuhi beban kerja. Pengetahuan pengawas terkait kurikulum dan rencana kerja pengawas kurang inovaif sehingga dalam proses pelaksanaannya terkesan kaku. Meski demikian, dalam hal peningkatan mutu, pengawas telah memberikan banyak peningkatan baik dari mutu pembelajaran maupun mutu sarana dan prasarana.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kepada Kementerian Agama selaku pihak yang memiliki wewenang baiknya melakukan pengangkatan dan penambahan jumlah pengawas madrasah yang telah memenuhi syarat dan kompetensi pengawas. 2) Kepada pengawas madrasah agar adaptif terhadap perkembangan zaman sehingga terbentuk kreativitas, edukatif, realistis dan efektivitas dalam memberikan pembinaan, pembimbingan dan arahan kepada kepala Madrasah dan guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone, Madrasah Aliyah Negeri 2 Watampone dan Madrasah Aliyah Al-Junaidiyah Biru untuk lebih meningkatkan mutu madrasah. 3) Kepada warga madrasah baiknya memperhatikan saran serta petunjuk yang diberikan pengawas serta membangun hubungan emosional yang baik sebagai penunjang jangka panjang dalam proses peningkatan mutu madrasah
Tidak tersedia versi lain