Text
TESIS: HUBUNGAN STRATEGI REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DAN PENGHARGAAN PRESTASI TERHADAP MOTIVASI KERJA DI SANGGAR GENIUS YATIM MANDIRI MAKASSAR
Penelitian ini membahas tentang hubungan strategi rekrutmen tenaga pendidik dan penghargaan prestasi terhadap motivasi kerja di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar dengan tujuan untuk: 1) mengetahui strategi rekrutmen tenaga pendidik di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar; 2) mengetahui penghargaan prestasi bagi tenaga pendidik di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar; 3) mengetahui motivasi kerja di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar; 4) menguji hubungan antara rekrutmen tenaga pendidik dengan motivasi kerja di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar; 5) menguji hubungan antara penghargaan prestasi dengan motivasi kerja di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar; dan 6) menguji hubungan antara rekrutmen tenaga pendidik, pengahragaan prestasi terhadap motivasi kerja di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Adapun pendekatannya adalah metodologis yaitu, positivistik-kuantitatif dan keilmuan sosiologis dan psikologis. Responden dalam penelitian ini adalah semua tenaga pendidik di Sanggar Genius Yatim Mandiri Makassar yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis hubungan product moment dan hubungan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi rekrutmen tenaga pendidik berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90,48% dari kriteria yang ditetapkan; 2) penghargaan prestasi bagi tenaga pendidik berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 57,14% dari kriteria yang ditetapkan; 3) motivasi kerja tenaga pendidik berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 61,90% dari kriteria yang ditetapkan; 4) hubungan antara rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik dengan motivasi kerja menunjukkan hubungan positif dengan nilai koefisien hubungan sebesar 0,680 berada pada tingkat hubungan yang kuat; 5) hubungan antara penghargaan prestasi bagi tenaga pendidik dengan motivasi kerja menunjukkan hubungan positif dan signifikan dengan nilai koefisien hubungan sebesar 0,509 berada pada tingkat hubungan yang sedang; 6) hubungan antara rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik dan penghargaan prestasi secara bersama-sama dengan motivasi kerja menunjukkan hubungan positif dan signifikan dengan nilai koefisien hubungan sebesar 0,777 berada pada tingkat hubungan yang kuat.
Kata kunci : Rekrutmen, Penghargaan Prestasi, Motivasi Kerja
Tidak tersedia versi lain