Text
DISERTASI: PEMBINAAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI MTS NEGERI 1 KOTA MAK
Pokok masalah pada disertasi ini adalah bagaimana Implementasi Pendidikan
Agama Islam dalam Pembinaan Kehidupan Beragama pada Siswa MTS Negeri 1
Kota Makassar, dengan sub masalah, yaitu: bagaimana proses implementasi
pendidikan agama Islam dalam pembinaan kehidupan beragama pada siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Kota Makassar?, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam
pembinaan kehidupan beragama pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota
Makassar?, Bagaimana hasil proses pendidikan agama Islam dalam pembinaan
kehidupan beragama pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Makassar?.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridisnormatif,
pedagogis, psikologis, dan interaksi simbolik. Sumber data primer, data
sekunder, berupa dekumen yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya menganalisisnya
berdasarkan pengorganisasian data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pembinaan kehidupan
beragama melalui pendidikan agama Islam di MTS Negeri 1 Kota Makassar adalah
(a) menanamkan sikap 3S (senyum, salam, dan sapa), (b) menanamkan sikap saling
menghormati, (c) membiasakan puasa Senin dan Kamis, (d) membiasakan shalat
dhuha, (e) membiasakan siswa shalat dzuhur secara berjama’ah, (f) membiasakan
kegiatan tadarrus al-Qur’an, (g) dan membiasakan berdo’a bersama. (2) faktor
pendukung pembinaan kehidupan beragama di MTS Negeri 1 Kota Makassar melalui
tiga jalur, yakni (1) penanaman akhlakul karimah dalam pembelajaran, (2)
penanaman akhlakul karimah dalam kegiatan ekstrakurikuler, (3) siswa semuanya
beragama Islam, faktor penghambat penanaman akhlakul karimah di MTS Negeri 1
Kota Makassar adalah (a) ketiadaan sarana dan prasarana berupa laboratorium pendidikan agama Islam sedikit menghambat penyemaian nilai akhlakul karimah
pada Siswa, (b) pendidikan dihadapkan pada keberagaman siswa, sisi keyakinan
dalam satu agama, dan (c) siswa memiliki latar belakang kehidupan yan berbedabeda.
Hasil yang dicapai setelah dilakukan penanaman akhlakul karimah pada Siswa
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kota Makassar ditemukan antara lain adalah (a)
tumbuhnya kesadaran beragama, (b) meningkatnya pengetahuan agama dan ibadah,
(c) tertanam dan terbiasa beretika dalam pergaulan, dan terbiasa berperilaku teipuji.
Implikasi penelitian (1) hasil penelitian ini diharapkan menjadi landasan konseptual
dalam pengembangan madrasah melalui implementasi pendidikan agama Islam di
MTS Negeri 1 kota Makassar, (2) melalui implimentasi pendidikan agama Islam
diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai agama kepada siswa terutama dalam
penanaman akhlakul karimah, (3) sebagai rekomendasi kepada kepala madrasah di
MTS Negeri 1 kota Makassar, agar tetap mengkaji dan melestarikan tradisi madrasah
yang dapat membantu dalam pembinaan kehidupan beragama pada siswa.
Tidak tersedia versi lain