Text
TESIS: Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Usaha Mengatasi Perilaku Menyimpang Peserta Didik di SMK Neg. 7 Takalar
Tesis ini membahas tentang Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Usaha Mengatasi Perilaku Menyimpang Peserta Didik di SMK Neg. 7 Takalar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menggambarkan realitas perilaku menyimpang peserta didik SMK Neg. 7 Takalar, 2) mendeskripsikan ragam pelaksanaan manajemen kelas dalam usaha mengatasi perilaku menyimpang peserta didik SMK Neg. 7 Takalar, dan 3) mengetahui pendekatan-pendekatan manajemen kelas dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik SMK Neg. 7 Takalar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMK Neg. 7 Takalar, dengan pendekatan teologis, pedagogis, dan psikologis. Data bersumber dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, guru, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku menyimpang peserta didik SMK Neg. 7 Takalar berupa delequensi individual, delequensi situasionl, delequensi sistematik, dan delequensi kumulatif. Adapun pelaksanaan manajemen kelas dalam usaha mengatasi perilaku menyimpang SMK Neg. 7 Takalar adalah: manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, dan manajemen sarana-sarana pembelajaran yang melalui tahap-tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Sementara, pendekatan manajemen kelas dalam usaha mengatasi perilaku menyimpang peserta didik SMK Neg. 7 Takalar adalah pendekatan kekuasaan, pendekatan pengubahan tingkah laku, pendekatan sosio emosional climate, pendekatan kerja kelompok dan pendekatan elektik
Implikasi dari penelitian ini bahwa pelaksanaan manajemen kelas dan pembinaan perilaku menyimpang merupakan tanggung jawab semua pihak. Pertama, buat orang tua sebaiknya diusahakan sebaik mungkin untuk melakukan pengawasan, pembinaan, bimbingan, dan pendidikan akhlak kepada anak-anaknya. Kedua, buat guru agar senantiasa meningkatkan dan melaksanakan manajemen kelas dengan baik agar menghasilkan pengajaran yang berkualitas. Ketiga, buat peserta didik khususnya bagi mereka yang melakukan perilaku menyimpang, sudah sepatutnya untuk meningkatkan gairah belajar, meningkatkan kedisiplinan, dan mentaati semua peraturan yang berlaku di sekolah.
Tidak tersedia versi lain