Text
TESIS: Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Makas
Penelitian ini adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk:
1) mengetahui perencanaan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar, 2) mengetahui pelaksanaan
pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1
Makassar, 3) mengetahui hasil proses penerapan pendekatan saintifik dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan dua pendekatan yakni
psikologis dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara,
observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik pengolahan
data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data non statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran
pendidikan agama Islam dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar, yang diwujudkan
dalam pembuatan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sudah baik sesuai dengan
langkah-langkah pembuatan RPP dalam Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang
Standar Proses. Dalam pelaksanaan pembelajarannya juga sudah dapat berjalan
dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan
saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mencoba menalar,
mengkomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran juga menggunakan model
pembelajaran yang variatif. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran sudah baik
yakni peserta didik mendapatkan rata-rata nilai sebesar 80 dan telah melewati KKM
yang di tetapkan yakni 75.
Tidak tersedia versi lain