Text
DISERTASI: INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN ROHANI ISLAM UNTUK MENYIAPKAN GENERASI ANTI RADIKALISME PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 MAKASSAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan Pelaksanaan pendidikan
karakter di SMK Negeri 4 Makassar, Pelaksanaan Integrasi Nilai-Nilai
Pendidikan Karakter pada Kegiatan Rohani Islam (Rohis) di SMK Negeri 4
Makassar, Potensi Radikalisme di SMK Negeri 4 Makassar, Pelaksanaan
Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kegiatan Rohani Islam di SMK
Negeri 4 Makassar Persfektif Pendidikan Agama Islam dan Bagaimana Nilai-
Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Rohani Islam (Rohis) untuk
menyiapkan Generasi Anti Radikalisme di SMK Negeri 4 Makassar ?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu
gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Penelitian deskriptif
memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada
saat penelitian berlangsung. Melalui penelitian deskriptif, peneliti berusaha
mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa
memberikan perlakukan khusus terhadap peristiwa tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola integrasi nilai-nilai
pendidikan karakter di SMK Negeri 4 Makassar melalui Kegiatan Rohani Islam
yang dikontrol langsung oleh pihak guru Pendidikan Agama Islam, manajemen
sekolah dan kegiatannya ditangani oleh organisasi Remaja Pencinta
Mushollah (RPM). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara umum masih
menerapkan pola pembelajaran yang sama dengan yang diterapkan di keumuman
sekolah-sekolah lain yaitu dilakukan melalui usaha-usaha untuk memperdalam
pemahaman siswa terhadap materi-materi pembelajaran Mengenai kebijakan
khusus ataupun inovasi model dan strategi integrasi dalam pembelajaran belum
ada namun dilaksanakan melalui kegiatan Rohani Islam (Rohis)
Implikasi penelitian ini membuktikan bahwa pola integrasi nilai-nilai
pendidikan karakter yang dilakukan adalah dengan membangun keseimbangan
antara aspek spiritual dan aspek social pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.
Serta memperdalam kajian dan pemahaman terhadap setiap nilai-nilai karakter
yang diwajibkan untuk dimiliki berdasarkan regulasi pendidikan nasional.
Efektifitas dan capaian keberhasilan penerapan integrasi nilai-nilai pendidikan
karakter Dalam hal pembentukan karakter, yang ditandai dengan kedalaman
pemahaman akan nilai-nilai karakter dan sikap yang ditunjukkan, siswa yang
tergabung di organisasi Remaja Pencinta Mushollah (RPM) memiliki
keunggulan yang sangat besar disbanding siswa lainnya dan efektif dalam
mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter di SMK Negeri 4 Makassar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain