Text
TESIS: Analisis Kompetensi Kepribadian Guru dalam Melaksanakan Manajemen Kelas pada Madrasah Aliyah Assalam Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar
Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah As-salam Polongbangkeng Utara. Yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas pada Madrasah Aliyah As-salam, kedua untuk mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran pada Madrasah Aliyah As-salam Polongbangkeng Utara, ketiga mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pelaksanaan manajemen kelas dalam peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah As-salam.
Penelitian ini adalah penelitian analisis deskripsi kualitatif dengan pendekatan normatif, sosiologis, pedagogik dan yuridis. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru-guru, serta siswa dan siswi sebagai informan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis dan pengolahan data adalah data kualitatif menggunakan 3 tahapan di antaranya, reduksi data, display data, verivikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yaitu pertama, pelaksanaan manajemen kelas adalah pendidik harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memiliki keterampilan misalnya, pendekatan secara pribadi dan keterampilan mengorganisasi kan pembelajaran. Kedua, bentuk pelaksanaan manajemen kelas yaitu terfokus pada segi manajemen perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan evaluasi. Ketiga, upaya peningkatan mutu pembelajaran pada madrasah aliyah assalam polongbangkeng utara melalui pelaksanaan manajemen, sehingga peningkatan mutu terutama dalam mengaktifkan kelas antara lain. Memahami berbagai jenis kelas, belajar bersama dalam kelompok, mengadakan analisis sosial, mengefektifkan papan tulis di kelas, mengefektifkan posisi tempat duduk siswa, dan menciptakan suasana belajar yang nyaman.
Implikasi penelitian yaitu dalam meningkatkan implementasi manajemen kelas perlu diintensifkan kegiatan pendidikan dan pelatihan baik secara kualitas maupun kuantitas. Untuk membangkitkan semangat kompetisi dan semua stakeholders disarankan agar peningkatan kualitas pendidikan da tenaga kependidikan perlu terus diusahakan.
Tidak tersedia versi lain