Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PELIBATAN ORANGTUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK
(Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru)
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PELIBATAN ORANGTUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru)

ASDAR B - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan pelaksanaan pelibatan orangtua dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru serta faktor yang mendukung dan yang menghambat pelaksanaan pelibatan orangtua dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, beberapa pendidik seperti guru BK dan guru mata pelajaran, wali kelas, orangtua peserta didik, dan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang dilakukan yaitu editing dan verifikasi data. Teknik analisis data dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bentuk kesulitan belajar yang dialami peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru yaitu: 1) Kesulitan belajar akademik, yakni peserta didik MF, di mana peserta didik sulit menerima dan memahami materi pelajaran, kurang mampu membaca dan menulis. 2) Kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan, yakni peserta didik RL, di mana peserta didik mengalami gangguan bicara dan komunikasi. Kedua, pelaksanaan pelibatan orangtua dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah DDI Takkalasi Kabupaten Barru diterapkan dalam tiga langkah yang dilakukan, antara lain: 1) Perencanaan pelibatan dilakukan dengan mengadakan pertemuan orangtua peserta didik di awal tahun pelajaran. 2) Bentuk pelibatan yang dilakukan oleh orangtua peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, yaitu: a) Komunikasi, di mana orangtua peserta didik mengikuti pertemuan orangtua peserta didik dan mengkomunikasikan mengenai pelajaran dan masalah anaknya, b) Volunteer (relawan), dalam hal ini orangtua terlibat pada kegiatan-kegiatan peserta didik di madrasah, dan c) Terlibat pada pembelajaran anak di rumah, dalam hal ini orangtua mendampingi peserta didik belajar di rumah. 3) Evaluasi pelaksanaan pelibatan orangtua dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik berhasil secara efektif dan sangat bermanfaat bagi orangtua peserta didik, di mana keterlibatan orangtua dapat mengatasi sedikit demi sedikit kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan meningkatkan kebiasaan peserta didik untuk selalu mau belajar. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan pelibatan orangtua dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu kesadaran dan keinginan orangtua untuk terlibat, sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya waktu luang orangtua untuk terlibat atau kesibukan orangtua dan faktor sosial.
Pelibatan orangtua terhadap pendidikan anaknya, terutama ketika anak mengalami kesulitan belajar, sangat perlu dilakukan. Keterlibatan orangtua pada pendidikan anaknya, memberikan pengaruh terhadap prestasi anak, baik prestasi akademiknya maupun prestasi non akademiknya. Keterlibatan orangtua pada pendidikan anaknya, meningkatkan rasa perhatian dan rasa peduli kepada anak, sehingga anak termotivasi untuk selalu meningkatkan belajarnya.
Kata Kunci: Pelibatan orangtua, kesulitan belajar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370
80200217030
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?