Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Implementasi Metode al-Barqy dalam Pembelajaran Membaca 
al-Quran Peserta Didik TK-TPA Babussa’adah Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Implementasi Metode al-Barqy dalam Pembelajaran Membaca al-Quran Peserta Didik TK-TPA Babussa’adah Makassar

Rusman Paewai - Nama Orang;

Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran baca al-Qur’an melalui metode al-Barqy di TK-TPA Babussa’adah Makassar. Pokok masalah tersebut dibagi dalam tiga sub masalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode al-Barqy pada peserta didik di TK-TPA Babussa’adah Makassar. 2) Kendala-kendala apa yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan metode al-Barqy pada pembelajaran membaca al-Qur’an di TK-TPA Babussa’adah Makassar. 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala implementasi metode al-Barqy dalam pembelajaran baca al-Qur’an di TK-TPA Babussa’adah Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini berupaya mencari fakta dengan interpretasi aktual terhadap data lapangan yang ditemukan, sifatnya deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis. Adapun sumber data penelitian diperoleh langsung dari kepala sekolah, para guru, staf administrasi dan peserta didik. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta penelusuran dari berbagai literatur dan referensi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: gambaran umum implementasi pembelajaran baca al-Qur’an melalui metode al-Barqy di TK-TPA Babussa’adah Makassar melalui beberapa tahapan yaitu: 1) Menyiapkan alat-alat mengajar. 2) Mengatur peserta didik. 3) Membaca doa pembuka. 4) Membelajarkan peserta didik dengan teknik klasikal. 5) Membelajarkan peserta didik menggunakan buku metode al-Barqy dengan teknik baca simak. 6) Membaca doa penutup. Adapun kendala-kendala dalam mengimplementasikan metode al-Barqy dalam pembelajaran baca al-Qur’an di TK-TPA Babussa’adah adalah adanya peserta didik yang memiliki kecerdasan yang masih dibawah rata-rata, terlambatnya persediaan buku al-Barqy dan terbatasnya tenaga pendidik yang mampu mengajarkan metode al-Barqy. Dalam mengatasi kendala-kendala tersebut maka pilihan solusi bagi para guru adalah mengadakan program tambahan dan menyeseleksi peserta didik, guru menyediakan buku pedoman metode al-Barqy dan menambah tenaga pendidik dan sering mengadakan latihan bersama.
Implikasi penelitian ini adalah: Diharapkan penelitian ini bisa menjadi wacana ilmiah terbaru untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas program baca al-Qur’an bagi para pendidik dalam memberikan pengajaran pada generasi selanjutnya agar bisa melahirkan generasi Qur’ani yang religius dan intelek.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
80200216024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?