Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: IMPLEMENTASI SUPERVISI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI) DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MADRASAH
DI KOTA JAYAPURA
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: IMPLEMENTASI SUPERVISI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MADRASAH DI KOTA JAYAPURA

SAHUDI - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji implementasi supervisi PPAI dalam
peningkatan kompetensi guru madrasah di Kota Jayapura dalam kegiatan:
1) Perencanaan supervisi akademik PPAI Kota Jayapura dalam peningkatan
kompetensi guru PAI MTs. dan MA tahun pelajaran 2017/2018, 2) Pelaksanaan
supervisi akademik PPAI Kota Jayapura dalam peningkatan kompetensi guru PAI
MTs. dan MA tahun pelajaran 2017/2018., 3) Pelaporan supervisi akademik PPAI
Kota Jayapura dalam peningkatan kompetensi guru PAI MTs. dan MA tahun
pelajaran 2017/2018, 4) Tindak lanjut supervisi akademik PPAI Kota Jayapura
dalam peningkatan kompetensi guru PAI MTs. dan MA tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data primer
penelitian ini adalah 43 informan di Kota Jayapura. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Teknik
pengolahan data menggunakan model analisis Miles and Huberman (pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Pengujian keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan
triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan data, pembahasan, dan analisis,
PPAI Kota Jayapura telah melakukan 9 indikator perencanaan supervisi.
Perencanaan supervisi bersifat umum. Belum didapati penjelasan rinci tentang datadata
evaluasi supervisi guru-guru madrasah tahun sebelumnya (2016/2017). Hal ini
menimbulkan ketidakjelasan rencana supervisi yang dilakukan PPAI terhadap
masing-masing guru madrasah tahun pelajaran 2017/2018, 2) PPAI Kota Jayapura
telah melakukan 19 indikator pelaksanaan supervisi. Pelaksanaan supervisi bersifat
umum. Belum didapati penjelasan pelaksanaan supervisi secara rinci terhadap
masing-masing guru madrasah. Hal ini menimbulkan ketidakjelasan dampaknya
terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah tahun 2017/2018, 3) PPAI Kota
Jayapura telah melakukan 5 indikator pelaporan supervisi. Pelaporan supervisi
bersifat umum. Belum didapati penjelasan rinci rekapitulasi laporan supervisi
masing-masing guru madrasah tahun 2017/2018. Sehingga menimbulkan
ketidakjelasan hasil supervisi masing-masing guru madrasah, 4) PPAI Kota Jayapura
telah melakukan 12 indikator tindak lanjut supervisi. Tindak lanjut supervisi bersifat
umum. Data-data yang bersifat umum mencerminkan tindak lanjut supervisi yang
tidak fokus terhadap tiap item permasalahan masing-masing guru madrasah. Hal ini berakibat pada ketidakjelasan informasi peningkatan kompetensi guru madrasah di
Kota Jayapura tahun 2017/2018.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Rekapitulasi kegiatan hasil supervisi
dengan format terperinci masing-masing guru dengan data-data fakta sangat
diperlukan untuk kegiatan tindak lanjut supervisi. Sehingga masing-masing guru
memperoleh pembinaan supervisi yang berbeda-beda sesuai data fakta rekapitulasi
tersebut pada kegiatan tindak lanjut supervisi. PPAI melaksanakan supervisi
berbasis masalah dengan cara setiap Kepala Madrasah merekap data permasalahan
masing-masing guru di madrasahnya masing-masing, kemudian data tersebut disetor
kepada PPAI, selanjutnya PPAI merekap data permasalahan masing-masing guru
berbasis permasalahan yang sama dan melakukan pembinaan secara kelompok,
2) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura seharusnya mengalihkan
fungsi PPAI kepada kepala madrasah sebagai supervisor. PPAI hanya sebagai
pengawas manajerial saja, 3) Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan untuk
menunjang kinerja PPAI Kota Jayapura seperti pembuatan aplikasi supervisi
berbasis web (perencanaan, pelaksanaan, laporan dan tindak lanjut supervisi),
4) Sebagai tindak lanjut supervisi, sangat penting bagi Guru Madrasah untuk
melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berusaha mengkomunikasikan
hasil penelitian tersebut melalui forum MGMP dan KKG. Agar permasalahan kelas
dapat diselesaikan.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
8010031608
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?