Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: PENDIDIKAN KARAKTER BERTOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SDN INPRES 6.88 PERUMNAS 2 KOTA JAYAPURA
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: PENDIDIKAN KARAKTER BERTOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SDN INPRES 6.88 PERUMNAS 2 KOTA JAYAPURA

A. ARIF ROFIKI - Nama Orang;

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura? Dari pokok masalah tersebut selanjutnya dikemukakan 4 (empat) submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana realitas keragaman karakter peserta didik di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura?, 2) Bagaimana ragam strategi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura?, 3) Bagaimana bentuk implementasi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik melalui kegiatan sekolah di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura?, dan 4) Bagaimana hasil implementasi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura?
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pedagogik. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, para tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat keragaman karakter peserta didik di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura yang didasari oleh keragaman suku bangsa (Papua, non Papua, dan Port Numbay), agama (Kristen, Islam, dan Katolik), latar belakang pekerjaan orang tua (TNI/Polri, PNS, pensiunan, swasta, sopir, dagang, dan tani), dan pendidikan orang tua peserta didik (SD, SLTP, SLTA, Diploma, S1, dan S2). (2) Ragam strategi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik adalah: kebijakan sekolah, pembiasaan terhadap perbedaan, pembiasaan terhadap persamaan, dan latihan heterogenitas dalam kelompok. (3) Bentuk implementasi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik melalui kegiatan sekolah terintegrasikan ke dalam dua kegiatan, yaitu: Pertama, kegiatan pengembangan diri diwujudkan dalam:
xx
kegiatan rutin (berjabat tangan, berdoa setiap hari di akhir pembelajaran, doa bersama, english day, baca senyap, senam waniambey, dan peringatan hari besar agama), kegiatan spontan (menegur peserta didik yang tidak membaur dengan teman lain, membuat kelompok sendiri, dan melakukan tindakan intoleran, serta membiasakan peserta didik untuk memiliki kepedulian sosial terhadap temannya), keteladanan guru, dan pengkondisian (pemasangan poster dan slogan yang berkaitan dengan sikap toleransi dan pembentukan kelompok belajar). Kedua, pengintegrasian nilai toleransi ke dalam mata pelajaran dilakukan dengan cara mencantumkan nilai toleransi ke dalam silabus dan RPP. (4) Hasil implementasi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik adalah tertanamnya karakter toleransi antarumat beragama. Indikator toleransi antarumat beragama peserta didik kelas rendah dalam aspek keagamaan ialah tidak mengganggu teman yang berlainan agama dalam beribadah. Sedangkan aspek sosialnya adalah menerima pendapat teman yang berbeda dari pendapat dirinya, mau bertegur sapa dengan teman yang berbeda pendapat, dan membantu teman yang mengalami kesulitan walaupun berbeda agama, suku, dan etnis. Indikator toleransi antarumat beragama peserta didik kelas tinggi dalam aspek keagamaan ialah: menjaga hak teman yang berbeda agama untuk melaksanakan ajaran agamanya. Sedangkan indikator toleransi antarumat beragama dalam aspek sosial adalah menghargai pendapat yang berbeda sebagai suatu yang alami dan insani, bersahabat dengan teman yang berbeda pendapat, bekerjasama dengan teman yang berbeda agama, suku, ras, dan etnis dalam kegiatan di kelas maupun sekolah, dan membantu teman yang mengalami kesulitan walaupun berbeda agama, suku, dan etnis.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Terwujudnya kurikulum yang berbasis karakter bertoleransi antarumat beragama di Papua. 2) Dijadikannya SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura oleh pemerintah sebagai sekolah percontohan dalam pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama di Kota Jayapura secara khusus dan di Indonesia secara umum.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370 ARI p
80100316079
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 ARI p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?