Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN
PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PADA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

ALI AKBAR - Nama Orang;

Tesis ini terfokus pada 1) penggunaan media teknologi pembelajaran pada
prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Makassar, 2) pengelolaan sumber belajar dalam menunjang sistem pembelajaran
pada Program Studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Alauddin Makassar, dan 3) model pemaduan media cetak dan teknologi online
dalam kegiatan pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Data yang terhimpun dan diperoleh dari lapangan melalui pendekatan
pedagogies, psikologis, dan sosiologis, dengan jenis datanya adalah data sekunder
dan primer. Data tersebut dihimpun melalui observasi, interviu (wawancara), dan
dokumen. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya menggunakan metode
kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengumpulan data dan
sekaligus reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan verifikasi. Sedangkan
keabsahan datanya menggunakan pengujian keabsahan data berupa perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa teknologi pembelajaran merupakan suatu
proses yang kompleks dan integrative yang meliputi manusia, alat dan sistem
termasuk diantaranya gagasan, prosedur dan organisasi. Dari waktu ke waktu
teknologi pembelajaran mengalami proses sehingga bermetamorfosa menuju
penyempurnaan. Yang semula hanya dipandang sebagai alat ke sistem yang lebih
luas, dari hanya berorientasi pada praktek menuju ke teori dan praktek, dari produk
menuju ke proses dan produk, dan akhirnya melalui perjalanan evolusionernya saat
ini teknologi pembelajaran telah menjadi alat atau media yang dapat dimanfaatkan
dan digunakan oleh tenaga pendidik dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan
tinggi, termasuk pada pembelajaran atau perkuliahan pada mahasiswa Prodi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Kedosenan UIN Alauddin
Makassar. Pemikiran teknologi pembelajaran adalah berkaitan dengan bagaimana
menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Demikian pula pemikiran
teknologi pendidikan yang berparadigma konstruktif, artinya bahwa apabila proses
pembelajaran dilakukan dengan cara mahasiswa yang aktif maka akan memperoleh
hasil dari proses pembelajaran secara bermakna (meaningfull learning), sehingga
mahasiswa akan mendapatkan hasil maksimal dari proses belajarnya. Model
pemaduan media pembelajaran yakni media cetak dan online dikolaborasi ke dalam
bentuk penggunaan secara paket oleh dosen saat pembelajaran di kelas sedang
berlangsung. Artinya materi yang terdapat pada media cetak berupa buku, majalah,
koran dan sebagainya diringkas dan dijadikan sebagai power point lalu ditampilkan
melalui LCD pada kegiatan pembelajaran. Demikian halnya dengan materi yang ada
pada media online diflash disk atau di CD-ROM kan untuk ditampilkan melalui
LCD. Implikasi penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat terutama pada
pengembangan diri penulis dan hasil penelitian ini dapat berimplikasi pada
pemberian informasi dan bahan pertimbangan kepada seluruh pihak terkait, dalam
rangka peningkatan dan kemajuan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 371
80200216063
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?