Text
TESIS: KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA PADA MADRASAH ALIYAH DI PULAU NUNUKAN KALIMANTAN UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru pendidikan agama pada Madrasah Aliyah di Pulau Nunukan Kalimantan Utara, yang meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah di Pulau Nunukan Kalimantan Utara, 2) Pelaksanaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah di Pulau Nunukan Kalimantan Utara, 3) Penilaian hasil pembelajaran pada Madrasah Aliyah di Pulau Nunukan Kalimantan Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan lokasi penelitian di Pulau Nunukan Kalimantan Utara. Sumber data diambil dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum dan Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama, Guru Mata Pelajaran lain dan Peserta Didik dari: 1) Madrasah Aliyah Al Khairaat, 2) Madrasah Aliyah Al Ikhlas, 3) Madrasah Aliyah Al Ma’arif dan 4) Madrasah Aliyah Nur Islam. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Selanjutnya dilakukan pengujian keabsahan data dengan cara pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Kinerja guru pendidikan agama pada Madrasah Aliyah di Pulau Nunukan Kalimantan Utara cukup baik. Namun masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal kedisiplinan, kemampuan dalam penyusunan komponen perangkat pembelajaran, serta kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran. 2) Strategi guru pendidikan agama untuk meningkatkan kinerjanya dengan melakukan evaluasi yang berkelanjutan, melakukan supervisi dan penilaian administrasi kinerja guru. memotivasi guru dengan mengapresiasi akan hasil kinerja dengan memberikan penghargaan, 3) Faktor-faktor pendukung kinerja guru pendidikan agama yaitu suasana belajar yang kondusif, hubungan yang harmonis, kemampuan kepala madrasah dalam memotivasi guru. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh guru pendidikan agama, serta penghasilan yang kecil dan minim.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, bahwa kinerja guru pendidikan agama pada Madrasah Aliyah Pulau Nunukan Kalimantan Utara belum menunjukkan kinerja yang maksimal, sehingga masih perlu dilakukan usaha-usaha untuk meningkatkan kinerja guru dengan meningkatkan kedisiplinan guru, melakukan pelatihan profesi berkelanjutan bagi guru pendidikan agama, peningkatan peranan kepala dan wakil kepala madrasah dalam melakukan supervisi, pembinaan dan pengangkatan guru pendidikan agama agar tercipta keseimbangan antara jumlah guru pendidikan agama dengan jumlah rombel di madrasah.
Kata Kunci: Kinerja Guru Pendidikan Agama
Tidak tersedia versi lain