Text
TESIS: POLA PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN 2 KOTA MAKAS
Tesis ini membahas tentang Pola Pelaksanaan Pendidikan Islam dalam Pembentukan karakter Peserta didik di MAN 2 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pola pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik yang terintegrasi pada pembelajaran di MAN 2 Kota Makassar, (2) untuk mendeskripsikan pola pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Kota Makassar, (3) untuk mengungkap hasil implementasi pola pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di MAN 2 Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 2 Kota Makassar pada kelas VII. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik sedangkan data sekunder adalah dokumen yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah religius, disiplin, ibadah, tekun, rasa ingin tahu, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan implementasi pola pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatan drumband, seni tari, olahraga, ibadah dan pengayaan dengan cara memberikan motivasi, pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan dan hadiah kepada peserta didik.
Dengan menumbuhkan kesadaran peserta didik mampu memiilik sikap tanggung jawab, rasa percaya diri, disiplin, kerjasama, jujur, rasa hormat, tekun, kreatif , peduli dan religius. Memang tidak salah ketika pepatah mengatakan bahwa guru ibarat sebuah lilin, membakar diri hanya untuk menerangi orang lain. Artinya guru atau Pembina rela mengorbankan diri agar peserta didik memiliki pengetahuan sehingga bisa menjadi cerdas dan sukses di kemudian hari.
Berdasarkan keterangan tersebut jelas Sebagai implikasinya, MAN 2 Kota Makassar lebih meningkatkan lagi pola pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.
Tidak tersedia versi lain