Text
TESIS: HUBUNGAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DENGAN KEBERHASILAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTS NEGERI 6 BULUKUMBA
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan; 2) menjelaskan keberhasilan proses pembelajaran; dan 3) menguji
hubungan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan keberhasilan proses
pembelajaran di MTs Negeri 6 Bulukumba.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang pendidik dan tenaga
kependidikan yang diambil secara keseluruhan di MTs Negeri 6 Bulukumba. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik
analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan
pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kinerja pendidik di MTs Negeri 6
Bulukumba berada pada kategori sangat tinggi dan menunjukkan persentase sebesar
87,4%; 2) kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 6 Bulukumba berada pada
kategori sangat tinggi dan menunjukkan persentase sebesar 89,7%; 3) keberhasilan
proses pembelajaran di MTs Negeri 6 Bulukumba berada pada kategori sangat tinggi
dan menunjukkan persentase sebesar 84,1%; dan 4) kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan di MTs Negeri 6 Bulukumba memiliki hubungan positif dengan
keberhasilan proses pembelajaran, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,505 yang
menunjukkan tingkat hubungan sedang.
Penelitian ini memberikan implikasi kepada pendidik dan tenaga
kependidikan di MTs Negeri 6 Bulukumba tentang pentingnya peningkatan kinerja
dan tenaga kependidikan karena memiliki hubungan positif dengan keberhasilan
proses pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran tidak dapat dicapai secara
optimal jika kinerja pendidik dan tenaga kependidikan tidak ditingkatkan. Oleh
karena itu, penelitian ini dapat menjadi informasi penting bagi pendidik dan tenaga
kependidikan agar meningkatkan kinerjanya demi keberhasilan proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain