Text
TESIS: PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (ANALISIS KELOMPOK KERJA GURU/KKG) DI KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA
Tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui gambaran umum
Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten
Bulukumba. 2) Untuk mendiskripsikan eksistensi kegiatan Kelompok Kerja Guru
Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. 3) Untuk
menjelaskan upaya peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Kelompok Kerja Guru
(KKG) pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan
pendekatan pedagogik, sosiologis dan filosofis. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ditemukan bahwa 1) Kelompok Kerja
Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba
merupakan Kelompok Kerja Guru yang dikelola secara baik dan mengacu kepada
rambu-rambu KKG. 2) Kegiatan KKG Madarasah Ibtidaiyah Kecamatan Gantarang
telah dilakukan sebagaimana mestinya dan sangat membantu guru dalam
mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan menjadi tempat berbagi
pengalaman mengajar. 3) Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang
Kabupaten Bulukumba masih kurang profesional dalam melakukan tugasnya sebagai
pendidik karena masih terdapat guru yang tidak menggunakan RPP dalam
pembelajaran dan masih ada ang belum menggunakan format penilaian yang di
tentukan
Implikasi penelitian ini bahwa 1) Pengelola KKG Madrasah Ibtidaiyah perlu
untuk terus meningkatkan dalam pengelolaannya dan menyesuaikan dengan
perkembangan jaman utamanya mengenai metode pembelajaran. 2) KKG Madrasah
Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang masih perlu pembinaan peningkatan kesadaran
disiplin dalam menggunakan administrasi pembelajaran seperti RPP dan .penilaian
perkembangan peserta didik. 3) Kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gantarang
diharapkan menghimbau guru-guru untuk meningkatkan disiplin penggunaan
administrasi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain