Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH
PONDOK PESANTREN NURUL FALAH BORONGGANJENG
KABUPATEN BULUKUMBA
Penanda Bagikan

Text

TESIS: IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN NURUL FALAH BORONGGANJENG KABUPATEN BULUKUMBA

BADAWI - Nama Orang;

Penelitian ini membahas mengenai “Implementasi Manajemen Berbasis
Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik pada Madrasah
Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng Kabupaten Bulukumba”.
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan implementasi Manajemen Berbasis
Madrasah (MBM), untuk mendeskripsikan prestasi belajar di madrasah dan
kontribusi Manajemen Berbasis madrasah (MBM) dalam meningkatkan prestasi
belajar pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng
Kabupaten Bulukumba
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Manajemen Berbasis
Madrasah (MBM) pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah
Borongganjeng Kabupaten Bulukumba telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut
dapat dilihat dari, pertama manajemen madrasah yang menjadi bagian penting adalah
kepemimpinan kepala madrasah yang transformatif, melalukan perencanaan
disesuaikan dengan kebutuhan madrasah melalui rapat komite madrasah dengan
menghadirkan orang tua peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan,
pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan rencana, komunikasi, dan
pertanggungjawaban madrasah kepada masyarakat. Kedua, pelaksanaan proses
pembelajaran yaitu peningkatan kualitas belajar, perencanaan kurikulum dan
pengembangan diri madrasah, serta pemberian motivasi kepada peserta didik. Ketiga,
Partisipasi masyarakat madrasah senantiasa terbuka, melakukan kerjasama,
akuntabilitas serta adanya demokrasi pendidikan, walaupun secara umum bagian dari
partisipasi masyarakat tersebut masih belum maksimal, karena perhatian masyarakat
kepada lembaga pendidikan masih terbatas.. 2) Prestasi belajar pada Madrasah Aliyah
Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng Kabupaten Bulukumba masih relatif
terbatas. Dari aspek kognitif masih relatif sedang, peserta didik yang ada memiliki
pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, serta nilai peserta didik yang tidak
mencapai nilai standar KKM yang ditentukan. Aspek afektif peserta didik secara
umum telah terbentuk yaitu peserta didik senantiasa memperhatikan pelajaran,
merespon pertanyaan dari guru semampunya, menyelesaikan tugas yang diberikan walaupun masih ada peserta didik yang masih mengabaikan tugas yang diberikan,
atau peserta didik masih membutuhkan guru untuk penyelesaian masalah dalam
proses pembelajaran. Aspek psikomotorik peserta didik secara umum masih perlu
ditingkatkan, karena bakat dan minat peserta didik yang berbeda-beda. 3) Manajemen
Berbasis Madrasah telah berkontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar pada
Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah Borongganjeng Kabupaten
Bulukumba, diantaranya madrasah memiliki kemandirian untuk mengatur madrasah
yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan madrasah melalui
kepemimpinan, perumusan rencana/program madrasah, pelaksanaan kegiatan
madrasah secara mandiri namun tetap berdasar pada SOP dari pemerintah, menjalin
komunikasi antara madrasah dan orang tua peserta didik tentang peningkatan
kemampuan peserta didik, implementasi kurikulum, penyediaan program
pengembangan diri baik bagi tenaga pendidik, kependidikan dan khususnya peserta
didik, pemberian motivasi kepada peserta didik, keterbukaan (transparansi),
kerjasama antara madrasah dan masyarakat, akuntabilitas dan demokrasi pendidikan
untuk seluruh masyarakat tanpa memandang latar belakang sosial dan budaya.
Madrasah senantiasa berupaya memperbaiki metode guru dengan melakukan
pelatihan, manajemen madrasah, pemberian motivasi kepada peserta didik, serta
membiasakan peserta didik untuk bersaing, baik dalam kelas maupun dalam
mengikuti lomba. Faktor pendukung dalam implementasi manajemen berbasis
madrasah adalah adanya kerjasama sumber daya yang ada di sekolah dalam
peningkatan madrasah, sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi peserta
didik, kesejahteraan guru, dan partisipasi masyarakat yang masih terbatas.
Saran dari penelitian ini adalah bagi kepala madrasah untuk meningkatkan
kerjasama dengan warga madrasah maupun masyarakat lingkungan madrasah. saran
bagi madrasah, untuk meningkatkan kerjasama dan pemahaman kepada orang tua
peserta didik tentang tanggung jawab bersama dalam mendidik. Saran bagi guru,
untuk menciptakan suasan kondusif dalam proses pembelajaran, dengan penggunaan
metode dan pengelolaan kelas. Selanjutnya bagi madrasah untuk senantiasa
melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kuantitas/jumlah
peserta didik ajaran baru.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
80300217017
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : Manajemen Pendidikan Islam., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?