Text
TESIS: Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba
Tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui gambaran kompetensi profesional Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba. 2) Untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba. 3) Untuk mengetahui gambaran kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba. 4) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam MTs Negeri 2 Bulukumba, 5) Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam MTs Negeri 2 Bulukumba, 6) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 2 Bulukumba.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif bersifat korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 604 orang peserta didik. teknik pengambilan sampel yaitu dengan sampel proporsional random sampling yaitu dengan menarik sampel masing-masing kelompok dari populasi yang berstrata secara proporsional. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah 120 dari 604 peserta didik di MTs Negeri 2 Bulukumba.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa 1) Kompetensi Profesional dan kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi berdasarkan skor total 120 orang peserta didik yang menjadi responden, 2) Kinerja guru berada pada kategori tinggi berdasarkan skor total 120 orang guru yang menjadi responden, 3) secara parsial Kompetensi Profesional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 46.50%. Sedangkan Variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 63.50%. Kemudian secara simultan/secara bersama-sama kompetensi professional dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kinerja MTs Negeri 2 Bulukumba sebesar 64.30%.
Implikasi penelitian ini bahwa 1) Kompetensi professional dan kecerdasan emosional harus dipertahankan atau di tingkatkan agar guru PAI tetap mempertahankan atau meningkatkan kinerja di MTs Negeri 2 Bulukumba. 2) Guru PAI di MTs Negeri 2 Bulukumba diharapkan dapat terus mengembangkan kompetensi professional dan meningkatkan kecerdasan emosionalnya agar terus meningkatkan kinerjanya.
Tidak tersedia versi lain