Text
TESIS: Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kedisiplinan Guru terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kompetensi profesional guru, kedisiplinan guru, dan kinerja guru, serta menganalisis pengaruh kompetensi professional dan kedisiplinan guru terhadap kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kategori penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 196 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjumlah 41 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri atas dokumentasi nilai Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dokumentasi hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG), dokumentasi daftar hadir guru, angket kedisiplinan guru, dan angket kinerja guru. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian diperoleh: 1) Kompetensi profesional guru diperoleh rata-rata yaitu 87,02 berada pada kategori sedang. 2) Kedisiplinan guru diperoleh rata-rata yaitu 144,39 berada pada kategori sedang. 3) Kinerja guru diperoleh rata-rata yaitu 182,20 berada pada kategori sedang. 4) Terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru. 5) Terdapat pengaruh kedisiplinan guru terhadap kinerja guru. 6) Terdapat pengaruh kompetensi profesional guru dan kedisiplinan guru terhadap kinerja guru. 7) Sumbangan relatif dan efektif kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru berturut-turut adalah 40,2% dan 17,2%. Sumbangan relatif dan efektif kedisiplinan guru terhadap kinerja guru berturut-turut adalah 59,8% dan 25,6%. Sumbangan relatif dan efektif kompetensi profesional guru dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru berturut-turut adalah 100% dan 42,8%. Hal ini bermakna bahwa 42,8% kinerja guru dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru dan kedisiplinan guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, sedangkan sumbangan 57,2% diberikan variabel-variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kompetensi Profesional, Kedisiplinan Guru, Kinerja Guru
Tidak tersedia versi lain