Text
TESIS: PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR PADA MADRASAH ALIYAH AISYIYAH SUNGGUMINASA GOWA
Tesis ini membahas tentang Pengelolaan Sumber Belajar pada Madrasah
Aliyah Aisyiyah Sungguminasa. Permasalahan pokok dalam penelitian ini yakni
bagaimana Pengelolaan sumber belajar pada Madrasah Aliyah Aisyiyah.
Permasalahan pokok dirinci pada tiga sub masalah, yaitu bagaimana pemanfaatan
sumber-sumber belajar yang terdapat pada Madrasah Aliyah Aisiyah
Sungguminasa. bagaimana rancangan sumber belajar dalam pelaksanaan
pembelajaran pada Madrasah Aliyah Aisiyah Sungguminasa, bagaimana integrasi
sumber belajar dalam pelaksanaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Aisiyah
Sungguminasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan
sumber belajar pada Madrasah Aliyah Aisyiyah Sungguminasa Gowa. Jenis
penelitian yang digunakan tergolong kualitatif dengan pendekatan Rasionalistik
yakni suatu bentuk pendekatan yang berusaha mengungkapkan fakta-fakta, gejala
dan peristiwa secara obyektif, Selanjutnya metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi.
Teknik analisis dan interpretasi data penelitian dengan melalui tiga tahapan, yaitu;
reduksi data, penyajian data, keabsahan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan sumber-sumber
belajar yang terdapat pada Madrasah Aliyah Aisiyah Sungguminasa sudah
berjalan dengan maksimal mendorong terwujudnya siswa yang selalu
memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah. (2) Rancangan sumber belajar
dalam pelaksanaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Aisiyah Sungguminasa.
Rancangan yang di lakukan dalam pelaksanaan pembelajaran sudah maksimal
karena merujuk pada silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang ada
serta menyesuaikan materi dan kondisi peserta didik. (3) integrasi sumber belajar
dalam pelaksanaan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Aisiyah Sungguminasa,
dalam pelaksanaannya sudah baik.
Implikasi penelitian, diharapkan penelitian ini dapat memberikan dengan
kemampuan kepada guru yang baik dalam mengelola sumber belajar,
meningkatkan kepuasan siswa dalam belajar sehingga mewujudkan lulusan
madrasah yang berkualitas. Melaksanakan pengelolaan sumber belajar yang baik,
pada akhirnya berdampak positif terhadap kepuasan siswa dalam belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain