Text
TESIS: PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN BULUKUKUMBA
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala
Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bulukumba; 3) mendeskripsikan kedisiplinan guru
Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bulukumba dan 3) menganalisis pengaruh gaya
kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah di
Kabupaten Bulukumba.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan
kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 92 orang dari 127 orang guru
dan kepala madrsah yang diambil secara random pada Madrasah Ibtidaiyah di
Kabupaten Bulukumba Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan
dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan
statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan
regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala
madrasah pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bulukumba termasuk dalam
kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,1% dari kriteria yang ditetapkan;
2) Kedisiplinan guru pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Bulukumba termasuk
dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 90,2% dari kriteria yang
ditetapkan; dan 3) Gaya kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Ibtidaiyah di
Kabupaten Bulukumba berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan guru
dengan koefisien determinansi sebesar 0,305 sehingga kedisiplinan guru 30,5%
ditentukan oleh gaya kepemimpinan kepala madrasah dan 69,5% ditentukan oleh faktor lain.
Penelitian ini mengimplikasikan bahwa kepala madrasah sebagai pemimpin
lembaga pendidikan diharapkan terus berupaya menerapkan gaya kepemimpinan
yang situasional karena kedisiplinan guru untuk datang dan melaksanakan tugasnya
dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan yang diterapkannya.
Tidak tersedia versi lain