Text
TESIS: Pengaruh Kompetensi Supervisi dan Manajerial Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi supervisi dan manajerial kepala madrasah, dan mutu pendidikan, serta menguji pengaruh kompetensi supervisi dan manajerial kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba yang berstatus madrasah swasta terakreditasi A yang berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kompetensi supervisi kepala madrasah, angket kompetensi manajerial kepala madrasah, dan dokumentasi sertifikat hasil akreditasi madrasah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian diperoleh: 1) Kompetensi supervisi kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 101,43. 2) Kompetensi manajerial kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 216,4. 3) Mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 87,28. 4) Hasil perhitungan statistik inferensial diperoleh p-value < α (0,010 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi supervisi kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. 5) Hasil perhitungan statistik inferensial diperoleh p-value < α (0,015 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. 6) Hasil perhitungan statistik inferensial diperoleh p-value < α (0,005 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi supervisi dan manajerial kepala madrasah secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.
Kata kunci: Kompetensi Supervisi, Kompetensi Manajerial, Mutu Pendidikan
Tidak tersedia versi lain