Text
TESIS: PENGARUH PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN NURUL FALAH BORONGGANJENG KABUPATEN BULUKUMBA
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran;
2) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik; 3) mendeskripsikan hasil belajar
peserta didik; 4) menguji pengaruh pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar
peserta didik; 5) menguji pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta
didik; dan 6) menguji pengaruh pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar secara
bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok
Pesantren Nurul Falah Borongganjeng Kabupaten Bulukumba.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto sebagai bagian
penelitian kuantitatif dengan pendekatan manajemen dan psikologis. Responden
dalam penelitian ini sebanyak 38 orang dari 127 orang peserta didik yang diambil
secara proporsional sebesar 30%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah statistik
deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis
korelasi dan regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan pembelajaran di MTs
Nurul Falah Borongganjeng sudah berada pada kategori baik; 2) motivasi belajar
peserta didik di MTs Nurul Falah Borongganjeng sudah berada pada kategori baik; 3)
hasil belajar peserta didik di MTs Nurul Falah Borongganjeng sudah berada pada
kategori baik; 4) pengelolaan pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan
terhadap hasil belajar peserta didik di MTs Nurul Falah Borongganjeng 5) motivasi
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di MTs
Nurul Falah Borongganjeng; dan 6) pengelolaan pembelajaran dan motivasi belajar
secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik, tetapi
tidak signifikan di MTs Nurul Falah Borongganjeng.
Implikasi dari penelitian ini adalah setiap guru dalam melaksanakan
pembelajaran diharapkan dapat melakukan pengelolaan pembelajaran dengan baik
agar peserta didik dapat termotivasi untuk belajar dan menjadikan proses
pembelajaran berjalan dengan baik sehingga memudahkan mencapai tujuan
pembelajaran yang ditentukan. Selain itu, dengan pengelolaan pembelajaran yang
baik akan menjadikan proses pembelajaran terstruktur yang pada akhirnya dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain