Text
TESIS: PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK KESEHATAN PRIMA MANDIRI SEJAHTERAMAKASSAR
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui 1) pembentukan karakter toleransi peserta didik di SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar 2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleran peserta didik di SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar dan 3) implikasi pembentukan karakter toleran peserta didik Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriftif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, pedagogi, historis dan psikologis. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa 1) cara pembentukan karakter toleransi peserta didik di SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar yaitu melalui kepala sekolah dan guru dalam membentuk karakter toleransi peserta didik. Adapun yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru antara lain adalah kebijakan sekolah dan kegiatan pembelajaran. Kebijakan sekolah, merumuskan visi dan misi dan peraturan sekolah yang berkaitan dengan sikap toleransi. Kegiatan pembelajaran, yaitu dengan mengintegrasikan sikap toleransi dalam setiap pembelajaran. Selanjutnya kegiatan rutin di sekolah, upacara hari Senin, peringatan hari besar dan juga ekstrakulikuler seperti, PMR, Pramuka, Osis dan rohis. Pelaksanaanya diajarkan untuk saling menyayangi, menghargai, menghormati, baik yang muslim maupun non muslim. 2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleran peserta didik mengacu pada kurikulum K-13 dan penjabaran pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi pada peserta didik, mengunakan pembelajaran aktif dengan metode Problem Based Learning sehingga membawa dampak saling menghargai latar belakang dan status sosial, menghormati dan tidak membeda-bedakan baik muslim maupun non muslim. 3) implikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleran mempunyai dampak positif terhadap pembentukan karakter toleransi peserta didik yaitu dengan mereduksi segala prasangka negatif terhadap pemeluk agama lain sehingga mewujudkan kerukunan antar peserta didik.
Implikasi penelitian hendaknya kepala sekolah meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menumbuhkan kesadaran sikap toleransi dan menjadikan kemajukan peserta didik dalam beragama sebagai sebuah keikhlaskan sekolah sehingga dapat di contoh oleh sekolah lain.
Tidak tersedia versi lain