Text
TESIS: PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR ALQUR’AN HADIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MADANI ALAUDDIN PAOPAO KABUPATEN GOWA TAHUN AJARAN 2018/2019 (STUDI TENTANG PERSEPSI SISWA)
Penelitian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dengan bertemakan tentang Pengaruh Kompetensi pedagogik dan Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar al-Qur’an Hadis siswa Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa Tahun Ajaran 2018/2019 (Studi Tentang Persepsi Siswa). Berdasarkan tema tersebut dirumuskan enam tujuan penelitian, yaitu: pertama, mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadis; kedua, mendeskripsikan kompetensi profesional guru al-Qur’an Hadis; ketiga, mendeskripsikan prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa; keempat, mengidentifikasi signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa; kelima, mengidentifikasi signifikansi pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa; keenam, mengidentifikasi signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik dan professional guru terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 144 orang dengan penentuan sampel sebanyak 106 orang dari jumlah populasi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner/angket, dan dokumentasi, adapun teknik analisis penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (Uji F).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kompetensi pedagogik guru al-Qur’an Hadis di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berada pada kategori cukup baik; kedua, kompetensi profesional guru al-Qur’an Hadis di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berada pada kategori cukup profesional; ketiga, prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berada pada kategori baik; keempat, terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa; kelima, terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa; keenam, terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik dan profesional guru secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadis siswa di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Implikasi penelitian adalah kepada para guru hendaknya selalu berupaya untuk memperkaya wawasan terkait komponen-komponen dalam kompetensi pedagogik dan profesional. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat meneliti pengaruh kompetensi guru secara keseluruhan meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial terhadap prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain