Text
TESIS: PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET DAN METODE MENGHAFAL TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT SISWAKELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BONE
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Permainan Kartu Kuartet dan Metode Menghafal terhadap Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bone. Penelitian ini bertujuan untuh membandingkan pengusaan mufradat siswa kelas VII MTsN 2 Bone setelah pemberian perlakuan permainan kartu kuartet dan metode menghafal.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design untuk mengetahui bagaimana perbandingan penguasaan mufradat siswa setelah perlakuan permainan kartu kuartet dan metode menghafal. Sampel penelitian ini adalah proposive sampling yaitu kelas VII A dan kelas VII B yang berjumlah 36 orang dari 150 siswa. Kemudian tehnik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu, tes evaluasi yang berkaitan dengan penguasaan mufradat yang ada pada kartu kuartet tersebut. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji t.
Hasil penelitian ini di peroleh bahwa Kelas eksperimen dalam hal ini kelas VII A yang berjumlah 19 siswa setelah dilakukan perlakuan yang kemudian diberikan tes diperoleh nilai rata-rata 5,8 sedangkan kelas kontrol dalam hal ini siswa Kelas VII B yang berjumlah 17 siswa setelah dilakukan metode menghafal dengan mufradat yang sama dengan mufradat yang ada dalam kartu kuartet kemudian diberikan tes diperoleh nilai rata-rata 3,8 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima karena nilai Asymp. Sig 0,031 lebih kecil dari 0,05
Implikasi dari penelitian ini diharapkan pendidik bisa mengupayakan permainan kartu kuartet ini dalam membantu siswa menghafal mufradat bahasa Arab. Selain itu, permainan ini juga bisa di buat kembali sesuai mufradat yang ada pada bahan ajar. Penerapan permainan ini diharapkan menajadi hal baru dan memudahkan siswa dalam menghafal mufradat bahasa Arab.
Kata Kunci: Pengaruh, Perlakuan, Penguasaan Mufradat
Tidak tersedia versi lain