Text
TESIS: PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH PADA MTs PONDOK PESANTREN AL - URWATUL WUTSQAA BENTENG KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah; 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Jgsaw pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII pada MTs PPUW Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang, 2) Bagaimana motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII pada MTs PPUW Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang, 3) Bagaimana pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII pada MTs PPUW Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang, 4) Apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Jigsaw terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII pada MTs PPUW Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang, 5) Apakah terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik kelas VII terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih pada MTs PPUW Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang dan 6) Apakah terdapat pengaruh antara penerapan pembelajaran Jigsaw dan motivasi belajar peserta didik kelas VII secara bersama-sama terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih di MTs PPUW Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang.
Penelitian ini didesain dengan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa yang berjumlah 223 orang, dengan pengambilan sampel peserta didik hanya 30 orang dengan teknik stratified random sample (pengambilan sampel acak bertingkat). Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner(angket) dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriktif dan analisis inferensial regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 21.
Berdasarkan hasil analisis data uji analisis korelasi hipotesis I diperoleh nila r = 0,120 artinya korelasi lemah, maka Ho diterima, artinya hipotesis tidak terbukti yaitu tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII MTs. II diproleh nila r = 0,571 artinya korelasi tersebut tergolong cukup, dilanjut analisis regresi sederhana diperoleh tℎ
Tidak tersedia versi lain