Text
TESIS: Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui supervisi kepala sekolah di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng; 2) mengetahui supervisi pengawas sekolah di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng; 3) mengetahui kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng; 4) menguji pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng; 5) menguji pengaruh supervisi pengawas sekolah di SD Negeri 237 Aletellue terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng; dan 6) menguji pengaruh supervisi kepala sekolah dan pengawas sekolah secara bersama-sama terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif melalui metode ex post facto dengan pendekatan secara metodologis (positivistik-kuantitatif) dan keilmuan (pedagogis dan psikologis). Responden penelitian ini adalah semua guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi linear.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Supervisi kepala sekolah di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng berada pada kategori sangat baik dengan persentase 89% dari kriteria yang ditetapkan; 2) Supervisi pengawas sekolah di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng berada pada kategori sangat baik dengan persentase 92% dari kriteria yang ditetapkan; 3) Kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng berada pada kategori sangat baik dengan persentase 89% dari kriteria yang ditetapkan; 4) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng sebesar 24,8% dengan koefisien korelasi 0,498 dan persamaan regresi Y = 8,173 + 0,769X; 5) Pengaruh supervisi pengawas sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng sebesar 22,3% dengan koefisien korelasi 0,472 dan persamaan regresi Y = 15,212 + 0,894X 6) Pengaruh supervisi kepala sekolah dan supervisi pengawas sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru di SD Negeri 237 Aletellue Kabupaten Soppeng sebesar 31,5% dengan koefisien korelasi 0,562 dan persamaan regresi Y = -8,581 + 0,540X1 + 0,567X2. Implikasi penelitian ini adalah: 1) Kepala sekolah diharapkan terus berupaya melaksanakan dan meningkatkan kegiatan supervisi akademik agar dapat membantu guru maupun tenaga administrasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi; 2) Pengawas sekolah diharapkan dapat melaksanakan kegiatan supervisi sesuai prosedur yang telah ditentukan di sekolah-sekolah binaannya dengan baik sehingga guru-guru merasa terbantu dalam mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran dengan kehadiran pengawas sekolah; dan 3) Guru-guru di sekolah diharapkan terus berupaya mengembangkan kemampuannya, terutama dalam penguasaan kompetensi pedagogik agar kualitas pembelajaran semakin baik sesuai tujuan pendidikan.
Tidak tersedia versi lain