Text
TESIS: Pemanfaatan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kab. Takalar
Tesis ini membahas tentang pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Galesong selatan Kab. Takalar. Maka dapat dirumuskan 3 sub masalah (1) bagaimana Penerapan Pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Galesong selatan? (2) bagaimana Pola pemanfataan media audio visual pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Galesong selatan? (3) adakah interaksi yang terbangun pada pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP negeri 3 Galesong Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologis dan studi/keilmuan terdiri dari paedagogis dan psikologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Wakasek kurikulum, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan media audio visual yakni pendidik sudah menerapkan namun karena fasiltas di sekolah kurang mendukung sehingga para pendidik jarang menerapkannya di sekolah. 2) Pola Pemanfaatan media audio visual yakni pendidik sudah melaksanakan namun karena di sekolah tersebut fasilitas kurang lengkap sehingga Pola Pemanfaatan kurang diterapkan 3) Interaksi yang terbangun yakni pendidik sangat senang dengan adanya media audio visual karena proses pembelajaran berjalan efektif dan peserta didik lebih serius dalam proses pembelajaran ini serta prestasinya lebih meningkat
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) bagi guru dapat mengembangkan media audio visual dengan diperlukan lebih kreatif menggunakan IT. 2) bagi peserta didik diharapkan selalu bersemangat dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya dan kreativitas yang dimilikinya serta bersedia belajar untuk mengembangkan media audio visual tersebut.
Tidak tersedia versi lain