Text
TESIS: Pengaruh Penerapan Model Inkuiri dan Discoveri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs As’adiyah Putri 2 Sengka
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Penerapan model inkuiri di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang. (2) Mendeskripsikan Penerapan Model discoveri di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang. (3) Mendeskripsikan Hasil Belajar di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang. (4) Menguji pengaruh Penerapan model inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang. (5) Menguji pengaruh Penerapan model discoveri terhadap hasil belajar peserta didik di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang. (6) Menguji Pengaruh Penerapan model inkuiri dan discoveri secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang sebanyak 219 orang. Penulis mengambil sampel 30% dari dari populasi, sehingga sampelnya 66 orang. Metode pengumpulan data dari penelitian ini yaitu (1) Pembagian Angket (2) Pengamatan (Observasi), (3) Dokumentasi dan Analisis data.
Hasil penelitian ini adalah (1) Skor rerata penelitian tentang penerapan pembelajaran Inkuiri sebesar 89 dengan skor maksimal 120 dan presentase 80 % responden berkategori sering, (2) Skor rerata penelitian tentang penerapan pembelajaran discoveri sebesar 81,1 dengan skore maksimal 120 dan presentase 73% responden menjawab sering.(3) Skor hasil belajar peserta didik pada pembelajaran SKI sebesar 86 dari nilai ideal 100, presentase sebesar 77 % atau sebanyak 55 orang berkategori sedang. (4) Hasil regresi sederhana untuk memperoleh Pengaruh antara variabel model inkuiri (X1) Terhadap hasil belajar SKI (Y), diperoleh hasil 21,4 %. (5) Hasil regresi sederhana untuk memperoleh Pengaruh antara variabel model discoveri (X2) Terhadap hasil belajar SKI (Y), diperoleh hasil 5,1 %. (^6) Hasil regresi berganda untuk memperoleh Pengaruh antara variabel model inkuiri (X1) bersama Model Discoveri (X2) Terhadap hasil belajar SKI (Y), diperoleh hasil 21,4 %.
Implikasi penelitan ini adalah (1) Aktivitas belajar siswa di MTs. As’adiyah Putri 2 Sengkang ini perlu tetap dikembangkan agar sekolah tersebut bisa lebih maju dan lebih baik ke depannya. (2) hasil belajar siswa di MTs As’adiyah Putri 2 Sengkang ini perlu tetap dikembangan agar sekolah tersebut bisa lebih maju dan lebih baik di kemudian hari.
Tidak tersedia versi lain