Text
TESIS: Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI Pada SMAIT Wahdah Islamiyah
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kinerja guru
Pendidikan Agama Islam pada SMAIT Wahdah Islamiyah Makassar Tahun
2018/2019, (2) mendeskripsikan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik kelas XI pada SMAIT Wahdah Islamiyah Makassar Tahun
2018/2019, (3) mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta
didik, (4) menguji pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar Pendidikan
Agama Islam peserta didik, (5) menguji pengaruh motivasi terhadap hasil belajar
Pendidikan Agama Islam peserta didik, dan (6) menguji pengaruh kinerja guru
dan motivasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Pendekatan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif yang bertujuan melihat gambaran pengaruh kinerja guru dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik.
Sampel dalam penelitian ini sejumlah 105 peserta didik kelas XI SMAIT Wahdah
Islamiyah Makassar Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat pengaruh positif
kinerja guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX dengan nilai signifikansi
= 0,021 < α = 0,05, maka Ho ditolak; (2) Terdapat pengaruh positif motivasi
belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX dengan nilai signifikansi =
0,000 < α = 0,05, maka Ho ditolak; dan (3) Terdapat pengaruh positif kinerja guru
dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Pendidikan
Agama Islam peserta didik kelas IX nilai Fhitung sebesar 22,625 dengan nilai
probalitas (Sig) 0,000, yang berarti bahwa Ho ditolak. Model persamaan regresi
berganda adalah = 69,645 + 0,023X1+ 0,145X2.
Implikasi dari penelitian ini adalah, perlu senantiasa diupayakan
peningkatan kinerja guru, dan motivasi belajar siswa karena kedua hal tersebut
cukup berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal-hal yang bisa dilakukan
untuk menumbuhkan serta meningkatkan kinerja guru adalah kesadaran guru itu sendiri, memperbaiki kinerja guru dengan pelatihan-pelatihan yang diadakan
sekolah atau pengembangan sumber daya guru, peningkatan kedisiplinan guru,
serta peran kepala sekolah. Meningkatkan motivasi belajar siswa, penting adanya
dorongan dan kerjasama dari orangtua dan guru, agar dapat menumbuhkan
keinginan dari diri anak sendiri untuk senantiasa belajar, menumbuhkan cita-cita
dan mengembangkan bakat yang dimiliki anak. Dengan meningkatkan kinerja
guru dan motivasi belajar peserta didik, maka peserta didik akan memiliki hasil
belajar yang baik.
Tidak tersedia versi lain