Text
TESIS: Pengaruh Aplikasi Metode Teams Games Tournament dan Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas VIII pada MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan aplikasi
metode teams games tournament di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu
Kabupaten Gowa, (2) mendeskripsikan motivasi belajar di MTs Negeri Gowa
Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (3) mendeskripsikan hasil belajar MTs
Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (4) mendeskripsikan
pengaruh penerapan aplikasi metode teams games tournament terhadap kinerja guru
di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, (5)
mendeskripsikan pengaruh penerapan aplikasi metode teams games tournament
terhadap hasil belajar hasil belajar MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu
Kabupaten Gowa,. (6) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil
belajar di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, terhadap
kecerdasan emosional kepala sekolah di MTs Negeri Gowa Kecamatan
Bontomarannu Kabupaten Gowa, (7) mendeskripsikan pengaruh penerapan aplikasi
metode teams games tournament dan motivasi belajar terhadap hasil belajar di MTs
Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa .
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post
facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan fakta-fakta dari gejala yang
ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual baik tentang institusi sosial
ekonomi atau politik dari suatu kelompok atau suatu individu.Populasi pada
penelitian ini adalah kelas VIII di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu
Kabupaten Gowa sebanyak 218 orang sample dalam penelitian ini sebanyak 32
orang dengan menggunakan ramdom sampling yakni teknik pengambilan sample
dengan cara acak, instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, dan pedoman
dokumentasi dengan teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik
inferensial.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil analisis
deskriptif aplikasi metode teams games tournament di MTs Negeri Gowa Kecamatan
Bontomarannu Kabupaten Gowa pada umumnya berada pada kategori Tinggi
dengan frekuensi 11 orang dari 32 siswa atau 34,38 % dengan nilai rata-rata 41. 2)
Hasil analisis deskriptif motivasi belajar di MTs Negeri Gowa Kecamatan
Bontomarannu Kabupaten Gowa pada umumnya berada pada kategori Rendah
dengan frekuensi 11 orang dari 32 siswa atau 34,38 % dengan nilai rata-rata 41. (3)
Hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa di MTs Negeri Gowa Kecamatan
Bontomarannu Kabupaten Gowa pada umumnya berada pada kategori Rendah
dengan frekuensi 21 orang dari 32 siswa atau 65,625 %. (4) Hasil analisis inferensial
diperoleh thitung = 8,891> ttabel = 2,04, maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya
terdapat pengaruh aplikasi metode teams games tournament terhadap hasil belajar di
MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa (5) Hasil analisis
inferensial diperoleh thitung = 2,85> ttabel = 2,04, maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di MTs Negeri
Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa (6) Hasil analisis inferensial
diperoleh Fhitung = 2,329 > Ftabel = 2,04 maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya
terdapat pengaruh aplikasi metode teams games tournament dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar di MTs Negeri Gowa Kecamatan Bontomarannu Kabupaten
Gowa
Implikasi penelitian ini adalah dimana dari hasil penelitian ini kedepannya
dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan rujukan untuk mencari metode
pembelajaran lain yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain