Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: GERAKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN
SULTAN HASANUDDIN KABUPATEN GOWA
Penanda Bagikan

Text

TESIS: GERAKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN SULTAN HASANUDDIN KABUPATEN GOWA

MUHAMMAD TAHA - Nama Orang;

Penelitian ini berjudul ”Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan antara lain; 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin?. 2) Bagaimana metode pembinaan karakter peserta didik melalui gerakan pramuka di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin?. 3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat gerakan pramuka dalam pembentukan karakter di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin?.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka, penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu; Observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan metodologis dan keilmuan serta teknik analisis data yang digunakan adalah; Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan yang telah didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter peserta didik berjalan baik dan lancar dengan dukungan beberapa pihak yang terkait dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin dengan meliputi berbagai kegiatan yaitu: upacara, latihan keterampilan baris-berbaris, sandi, pionering, perkemahan, dan jelajah alam sebagai bentuk kegiatan yang mampu menjadi wadah pembinaan pembentukan karakter religius, jujur, cinta tanah air, cinta damai, sopan, toleransi, mandiri, semangat kebangsaan, disiplin, patriot, kepemimpinan, kebersamaan, keterampilan, kekompakan, dan bertanggung jawab. 2) Dengan diterapkannya berbagai metode pembinaan, diantaranya; Pengamalan kode kehormatan, belajar sambil melakukan, sistem berkelompok, satuan terpisah, dan satuan terpisah mampu menjadi cara untuk mempermudah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan dalam pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan menarik, menyenangkan dan menantang yang disesuaikan kondisi, situasi, dan kegiatan peserta didik dengan sasaran akhir adalah pembentukan karakter. 3) Faktor pendukung gerakan pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin yaitu; kondisi alam di lingkungan memadai, respon yang baik dari berbagai pihak, serta kelengkapan sarana dan prasarana yang disediakan sangat menunjang proses terlaksananya pendidikan kepramukaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu silabi kegiatan yang masih perlu diperbaiki, aktifitas pondok yang berbenturan dengan kegiatan kepramukaan, dan kurangnya kerjasama orang tua peserta didik dalam pelaksanaan kepramukaan.
Adapun Implikasi dari penelitian ini adalah; 1) Pihak-pihak yang terkait di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan dapat menjadi contoh dari pelaksana lembaga pendidikan.
2) Perlunya rancangan pembelajaran kegiatan pada proses pelaksanaan kepramukaan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin, sehingga pelaksanaan kepramukaan dapat terarah dengan baik. 3) Kegiatan kegiatan yang telah terjadwal baik kegiatan pondok dan kegiatan kepramukaan agar lebih diperhatikan, sehingga pelaksanaan yang telah diprogramkan berjalan tanpa ada yang dikesampingkan. 4) Komunikasi yang baik antara pihak madrasah kepada orang tua peserta didik, agar tujuan gerakan pramuka dalam membentuk karakter peserta didik dapat terwujud dan mendapat dukungan dari berbagai pihak.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370
80200216011
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?