Text
TESIS: PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN SARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN ULAWENG KABUPATEN BONE
Penelitian ini membahas tentang pengaruh iklim sekolah dan sarana
pembelajaran terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Ulaweng Kabupaten
Bonedengan tujuan untuk: 1) menjelaskan realitas iklim sekolah pada SMP Negeri di
Kecamatan Ulaweng; 2) menjelaskan realitas sarana pembelajaran pada SMP Negeri
di Kecamatan Ulaweng; 3) menjelaskan realitas kinerja guru SMP Negeri di
Kecamatan Ulaweng; 4) menguji pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP
Negeri di Kecamatan Ulaweng; 5) menguji pengaruh sarana pembelajaran terhadap
kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Ulaweng; dan 6) menguji pengaruh iklim
sekolah dan sarana pembelajaran secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP
Negeri di Kecamatan Ulaweng.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif (ex post facto) dengan
pendekatan secara metodologis (positivistik) dan keilmuan (sosiologis dan
psikologis).Responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 29 orang guru yang
diambil secara random sebesar 50% dari populasi.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan
adalah analisis regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh secara parsial
danregresi berganda untuk menguji pengaruh secara simultan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)realitas iklim sekolah pada SMP
Negeri di Kecamatan Ulaweng berada pada kategori kondusif dengan persentase
sebesar 73% dari kriteria yang ditetapkan; 2) realitas sarana pembelajaran padaSMP
Negeri di Kecamatan Ulaweng berada pada kategori memadaidengan persentase
sebesar 76% dari kriteria yang ditetapkan; 3) realitas kinerja guru SMP Negeri di
Kecamatan Ulaweng berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 70% dari
kriteria yang ditetapkan; 4) iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Ulaweng sebesar 20% dengan koefisien
regresi Y = 60,734 + 0,156X1; 5) sarana pembelajaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Ulaweng sebesar 19,1%
dengan koefisien regresi Y = 61,638 + 0,152X2; dan 6) iklim sekolah dan sarana
pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Ulaweng sebesar 28,4% dengan koefisien
regresi Y = 55,731 + 0,115X1 + 0,109X2.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kepala sekolah diharapkan terus
berupaya membangun dan mengembangkan iklim sekolah yang kondusif dan
memerhatikan kelengkapan sarana pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran
karena betapapun hebatnya seorang guru jika tidak didukung oleh suasana yang
mendukung dan sarana pembelajaran yang memadai, kinerja guru tidakakan optimal.
2) Guru-guru di sekolah juga diharapkan agar turut serta dalam membangun dan
mengembangkan iklim sekolah yang kondusif dan memanfaatkan sarana
pembelajaran yang ada di sekolah serta berupaya meningkatkan kemampuan demi
mencetak generasi yang cendekiawan dan menghasilkan kinerja yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain