Text
TESIS: Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Techno dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar.
Tesis ini membahas “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian
Islam Techno dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMK Penerbangan Techno
Terapan Makassar’. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan gambaran akhlak
peserta didik di SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar., untuk mengetahui
bentuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam techno di SMK
Penerbangan Techno Terapan Makassar., untuk mengetahui hasil kegiatan
ekstrakurikur kerohanian Islam techno dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMK
Penerbangan Techno Terapan Makassar.
Teknik pengolahan data dengan observasi, interview, dokumentasi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normative, pendekatan
pedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Adapun sumber data
terbagi menjadi dua bagian yaitu (1)data primer yaitu data yang diperoleh langsung
dari informan dilapangan, seperti kepala sekolah, kepala tata usaha, wakasek
kurikulum, wakasek kesiswaan, wakasek humas, wakasek sarana dan prasarana,
pembina ekstrakurikuler pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Islam,
peserta didik, dan ketua RW 05., (2)data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh
secara tidak langsung dari informan seperti, dokumen-dokumen, profil sekolah, data
tenaga pendidik dan kependidikan, data peserta didik, serta unsur penunjang
pendidikan lainnya.
Hasil penelitian bahwa akhlak peserta didik di SMK Penerbangan Techno
Terapan Makassar berdasarkan dari hasil observasi dan interview tergolong tidak
sesuai harapan yang diinginkan oleh semua pihak, khususnya diawal memasuki tahun
ajaran baru. Bentuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMK
Penerbangan Techno Terapan Makassar terdiri atas tiga bagian, yaitu Kegiatan
harian/mingguan, Kegiatan bulanan., Kegiatan tahunan seperti peringatan hari-hari
besar Islam, pesantren kilat, dan zikir akbar. Kegiatan ikatan kerohanian Islam
memiliki pengaruh yang sangat positif terhadap perilaku/akhlak peserta didik yang
tercermin dari antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
pendidikan agama Islam cukup baik, karena peserta didik mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler atas dasar kemauan sendiri, peserta didik lebih disiplin dalam
melaksanakan shalat fardhu secara berjemaah, dan tumbuhnya kepekaan sosial
terhadap sesama manusia.
Implikasi dari penelitian ini kepada pihak sekolah menjadikan akhlak sebagai
orientasi utama dan pertama di dalam penilaian dengan diimbangi oleh kapasitas
intelektual peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam techno agar tetap
dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi bagi pihak sekolah. Melihat adanya
pengaruh yang sangat positif dari kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam techno di
SMK Penerbangan Techno Terapan Makassar, maka perlu dijadikan sebagai salah
satu acuan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler.
Tidak tersedia versi lain