Text
TESIS: Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sengkang
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan kecerdasan emosi siswa
di SMP Negeri 1 Sengkang (2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa di SMP
Negeri 1 Sengkang (3) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1
Sengkang (4) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa
di SMP Negeri 1 Sengkang (5) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap
prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sengkang (6) Mengetahui pengaruh
kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri
1 Sengkang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode ex post facto
berupa asosiatif kausalitas. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 297
siswa, sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 149 siswa, dalam
tahap pelaksanaan menggunakan teknik pengumpulan data melalui skala psikologi
dan dokumentasi. Instrument penelitian ini berupa skala kecerdasan emosi dan skala
motivasi belajar, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran kecerdasan emosi siswa
SMP Negeri 1 Sengkang berada pada kategori sedang. (2) Gambaran motivasi
belajar siswa SMP Negeri 1 Sengkang berada pada kategori sedang. (3) Gambaran
prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sengkang berada pada kategori sedang. (4)
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosi terhadap prestasi
belajar siswa sebesar 3,2% dengan nilai signifikan p = 0,029 ≤ α (0,05), sedangkan
sisanya 96,8% ditentukan oleh faktor lain. (5) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 3,7% dengan nilai
signifikan p = 0,019 ≤ α (0,05), sedangkan sisanya 96,3% ditentukan oleh faktor lain.
(6) Berdasarkan analisis statistik regresi sederhana, terdapat pengaruh yang positif
dan signifikan kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa
sebesar 3,5% dengan nilai signifikan p = 0,028 ≤ α (0,05), sedangkan sisanya 96,5%
ditentukan oleh faktor lain. Diterimanya hipotesis ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sengkang.
Implikasi dari penelitian ini adalah bagi siswa, kecerdasan emosi
memungkinkan siswa untuk dapat merasakan, memahami, dan mampu menggunakan
daya dan kepekaan emosional sebagai energi dalam belajar. Begitu pula dengan
adanya motivasi belajar yang dapat mendorong siswa untuk melakukan kegiatan
pembelajaran dengan antusias dan penuh semangat sehingga dapat berpengaruh
terhadap peningkatan prestasi belajarnya. Bagi guru, hendaknya dapat berperan
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memperhatikan kecerdasan emosi
dan motivasi belajar siswanya
Tidak tersedia versi lain