Text
DISERTASI: Pengaruh Kualifikasi Dosen dan Prestasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran Di Universitas Muhammadiyah Makassar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualifikasi Dosen dan
Prestasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di Universitas
Muhammadiyah Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost
facto, menggunakan pendekatan metodologis bercorak positivistik dan pendekatan
ilmiah. Responden dalam penelitian ini adalah dosen Unismuh Makassar yang
berjumlah 83 orang dengan teknik pengambilan sampel secara purposive (Purposive
Sampling) Metode pengumpulan data yang digunakan adalah koesioner yang
didukung dengan metode observasi dan dokumentasi.Teknik pengolahan dan analisis
data dilakukan melalui analisis deskriptik dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Tingkat kualifikasi dosen di
Unismuh Makassar berkategori sangat baik dengan persentase 85, 27%. 2) Tingkat
prestasi akademik dosen di Unismuh Makassar berdasarkan indikator kemampuan
lisan, tulisan, keterampilan , dan kemampuan pemecahan masalah berada pada
kategori baik dengan persentasi 71, 07%. 3) Mutu Pembelajaran di Unismuh
Makassar berdasarkan indikator input, proses, output dan outcome berada pada
kategori sangat baik dengan presentase 87,65 %. 4) Terdapat pengaruh yang
signifikan tingkat kualifikasi dosen terhadap mutu pembelajaran di Unismuh
Makassar, terbukti dari nilai T hitung > t tabel(2,124>1, 66 yang artinya H1 diterima
dan H0 ditolak. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat prestasi akademik
dosen terhadap mutu pembelajaran di Unismuh Makassar dengan nilai 0, 46< 0,05
yang berarti H0 ditolak dan H1 diterimah. 6) Terdapat pengaruh yang signifikan
antara kualifikasi dan Prestasi akademik dosen secara bersama-sama terhadap mutu
pembelajaran di Unismuh Makassar. Hal ini terlihat dari F hitung yang diperoleh
sebesar 9,074 sedang F tabel sebesar 3, 11. Ini menyatakan bahwa F hitung>F tabel,
yang berarti bahwa kualifikasi dan prestasi akademik dosen secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran di Unismuh Makassar.
Implikasi penelitian ini menyatakan bahwa tingkat kualifikasi dosen bukanlah
menjadi penentu utama dalam peningkatan mutu pembelajaran akan tetapi dalam
pemenuhan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Perguruan
Tinggi, kualifikasi dan prestasi akademik dosen menjadi hal penting.
Tidak tersedia versi lain