Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: PENGEMBANGAN  PERANGKAT PEMBELAJARAN  BERBASIS
INQUIRY-DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN 
 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
DI SMA NEGERI 2 PALOPO
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY-DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 2 PALOPO

NURDIN K - Nama Orang;

Disertasi ini berjudul Pengembangan bahan ajar berbasis inquiry-discovery
mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SMA Negeri 2 Palopo. Masalah
pokok yang dibahas adalah “bagaimana mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan
pembelajaran inquiry-discovery pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
di SMA Negeri 2 Palopo”. Masalah pokok tersebut di-breakdown menjadi beberapa
masalah penelitian yaitu (1) Bagaimana proses pengembangan model bahan ajar yang
berbasis inquiry-discovery pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 2 Palopo? (2)
Bagaimana kualitas kevalidan, keefektifan dan kepraktisan bahan ajar PKn di SMA
Negeri 2 Palopo?
Penelitian ini termasuk Jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan
prosedur atau four D Models (model 4-D) yang terdiri atas empat tahap, yaitu
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate). Bahan ajar yang dikembangkan berupa modul, lembar kerja siswa (LKS),
dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XIIA SMA Negeri 2 Palopo sebanyak 32 orang.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi
aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data diperolehbahan ajar yang valid melalui analisis
validitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil validitas untuk modul sebesar 3,36
dan termasuk dalam kategori valid. Begitu pula untuk bahan ajar lembar kerja siswa
(LKS) sebesar 3,58 dan termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya untuk rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 3,6 berada pada kategori sangat valid.
Keefektifan bahan ajar dianalisis berdasarkan hasil tes belajar siswa, lembar observasi
aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan
angket respon siswa. Berdasarkan hasil tes belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 83
termasuk dalam kategori baik dan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil
analisis observasi aktivitas siswa diperoleh peningkatan untuk 5 kategori inti dalam setiap
pertemuan. Begitu pula dengan analisis aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran.
Selanjutnya berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diperoleh respon siswa
sebesar 80,875% siswa setuju dengan bahan ajar yang dikembangkan. Demikian halnya
dengan kepraktisan bahan ajar dilihat dari tingkat reliabilitas bahan ajar yang
dikembangkan. Untuk modul memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0,84 termasuk dalam
kategori sangat tinggi. Selanjutnya bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) sebesar 0,89
termasuk dalam kategori sangat tinggi. Begitu pula dengan bahan ajar rencana
pelaksanaan pembelajaran sebesar 1 termasuk dalam kategori sangat tinggi.
Berdasarkan hasil analisis tersebut di atas, diperoleh kesimpulan bahwa bahan
ajar yang dikembangkan dalam hal ini modul, lembar kerja siswa (LKS), rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis inquiry-discovery telah memenuhi criteria
bahan ajar yang valid, efektif, dan praktis.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
80100314015
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?