Text
TESIS: HUBUNGAN SIKAP DISIPLIN DAN MOTIVASI RELIGIUS DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA MAKASSAR
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan sikap disiplin dan
motivasi religius dengan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1
Kota Makassar? Pokok masalah tersebut selanjutnya dibagi ke dalam beberapa
submasalah, yaitu: 1) Bagaimana sikap disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Kota Makassar?, 2) Bagaimana motivasi religius peserta didik di Madrasah
Aliyah Negeri 1 Kota Makassar?, 3) Bagaimana prestasi belajar peserta didik di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar?, 4) Seberapa Besar hubungan sikap
disiplin dengan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota
Makassar?, 5) Seberapa Besar hubungan motivasi religius dengan prestasi belajar
peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar?, dan 6)Adakah hubungan
yang signifikan antara sikap disiplin dan motivasi religius secara bersama-sama
dengan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah survei. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar yang berjumlah 773 orang
dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 116
orang yang terdiri dari kelas XI dan XII. Selanjutnya teknik pengumpulan data
melalui observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Lalu teknik pengolahan dan
analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sikap disiplin dengan prestasi
belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai sig < 0,050 atau 0,040 < 0,050 maka
koefisien korelasi signifikan atau sikap disiplin berhubungan signifikan dengan
prestasi belajar peserta didik. Sedangkan hubungan motivasi religius dengan prestasi
belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai sig < 0,050 atau 0,001 < 0,050 maka
koefisien korelasi signifikan atau motivasi religius berhubungan signifikan dengan
prestasi belajar peserta didik. Adapun hubungan sikap disiplin dan motivasi religius
dengan prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 0,070
artinya hubungan sikap disiplin dan motivasi religius dengan prestasi belajar
memiliki taraf signifikansi 7% dan selebihnya dipengaruhi faktor-faktor lain yang
tidak menjadi objek kajian dalam penelitian ini.
Implikasi penelitian ini adalah pentingnya seorang pendidik memperhatikan
sikap disiplin dan motivasi religius peserta didik dalam proses pembelajaran agar
prestasi belajarnya meningkat. Selain itu pendidik meningkatkan kualitas pribadinya
sebagai teladan bagi peserta didik agar mereka termotivasi, serta menyiapkan sarana
dan prasarana dan juga metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar
menunjang prestasi belajarnya.
Tidak tersedia versi lain