Text
TESIS: Hubungan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan Keaktifan Siswa pada MTs As’adiyah No. 170 Layang Kota Makassar
Pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana hubungan efektivitas
pembelajaran berbasis KTSP dengan tingkat keaktifan siswa di kelas pada MTs
As’adiyah No. 170 Layang? Pokok masalah tersebut selanjutnya di-breakdown ke
dalam beberapa submasalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana deskripsi
efektivitas pembelajaran berbasis KTSP dalam mengaktifkan siswa pada MTs
As’adiyah No. 170 Layang?, 2) Bagaimana deskripsi keaktifan siswa di kelas pada
MTs As’adiyah No. 170 Layang?, dan 3) Bagaimana analisis hubungan efektivitas
pembelajaran berbasis KTSP dengan tingkat keaktifan siswa pada MTs As’adiyah No.
170 Layang kota Makassar?
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah multidisipliner yaitu: pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Adapun
sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakamad, guru-guru dan peserta
didik. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
interview (wawancara), kuesioner, dokumentasi dan penelusuran referensi. Lalu,
teknik pengolahan dan analilsis data dilakukan dengan teknik korelasional. Adapun
variabel yang digunakan terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (independent)
dan variabel terikat (dependent). Hal ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, deskripsi efektivitas KTSP menunjukkan bahwa
kelima indikator (portofolio, produk, proyek, performance, dan paper-pencil) termasuk
dalam kategori baik. Begitu pula dari hasil deskripsi keaktifan siswa di kelas pada MTs
As’adiyah No. 170 Layang juga menunjukkan bahwa indikator tujuan pembelajaran,
proses pembelajaran, penataan lingkungan belajar, strategi pembelajaran, dan evaluasi
termasuk dalam kategori baik. Sehingga terlihat bahwa hubungan antara efektivitas
pembelajaran berbasis KTSP dengan tingkat keaktifan siswa pada siswa MTs
As’adiyah No. 170 Layang kota Makassar sangat erat.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran berbasis KTSP sangat
efektif dilakukan dalam mengaktifkan siswa di kelas dengan mengembangkan berbagai
model pengajaran yang terdapat pada KTSP. 2) Dukungan dan kerjasama dari semua
pihak sangat dibutuhkan, utamanya pihak sekolah, orangtua dan peserta didik itu
sendiri agar tingkat keaktifan siswa di kelas bisa lebih ditingkatkan.
Tidak tersedia versi lain