Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA ANTISIPASI KRISIS AKHLAK
PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI DI PALOPO
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: IMPLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA ANTISIPASI KRISIS AKHLAK PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI DI PALOPO

SYAMSU S. - Nama Orang;

Disertasi ini berjudul “Implikasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Antisipasi Krisis Akhlak Peserta Didik pada SMA Negeri di Palopo”, mengedepankan pokok permasalahan yaitu, “Bagaimana implikasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam upaya antisipasi krisis akhlak peserta didik pada SMA Negeri di Palopo. Tujuan penelitian untuk: 1). Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Palopo, 2). Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam antisipasi krisis akhlak peserta didik pada SMA Negeri di Palopo, 3). Mengetahui implikasi strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam terhadap upaya antisipasi krisis akhlak peserta didik pada SMA Negeri di Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan model ex post facto, yaitu penelitian dilakukan untuk mengungkap data yang sudah terjadi sebelumnya, tanpa manipulasi data yang didapat di lapangan, yang hasilnya dideskripsikan dalam bentuk persentase atau angka-angka. Populasi guru Pendidikan Agama Islam 16 orang sekaligus sebagai sampel jenuh. Populasi peserta didik berjumlah 4.037 orang. Sampel peserta didik diambil satu kelas pada setiap sekolah sehingga diperoleh jumlah sampel 151 peserta didik. Teknik penarikan sampel adalah random sampling yaitu teknik penarikan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik angket, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data berdasarkan statistik inferensial, yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Palopo menerapkan lima jenis strategi pembelajaran secara variatif yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan strategi pembelajaran kontekstul, dan memperoleh skor rerata sebesar 2,90 dan persentase sebesar 72,43% adalah kategori tinggi dan intensitas sering; 2). Guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Palopo melakukan upaya antisipasi krisis akhlak peserta didik melalui pendidikan akhlak, mengatasi krisis akhlak, optimalisasi peran guru, dan pembelajaran akhlak pada SMA, memperoleh skor rerata sebesar 3,85 dan persentase sebesar 96,34% adalah kategori sangat tinggi dan intensitas sangat sering; 3). Strategi pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam tidak ada implikasinya terhadap upaya dalam mengantisipasi krisis akhlak peserta didik pada SMA Negeri di Palopo. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis data hasil penelitian dengan menggunakan statistik inferensial diperoleh rhitung = 0,167 < rtabel = 0,266 (untuk n=56) pada taraf signifikan 5% sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya, tidak ada korelasi yang signifikan antara strategi pembelajaran yang diterapkan guru dengan upaya antisipasi krisis akhlak peserta didik pada SMA Negeri di Palopo. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat ditentukan dengan uji determinasi sebesar 2,789% dan sisanya sebesar 97,211% ditentukan oleh variabel lain.
Implikasi penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak cukup hanya mentransfer pengetahuan keislaman, melainkan juga untuk dihayati, diyakini, dan diamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan praktis sehari-hari. Dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam hendaknya guru dapat memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, di samping juga menggunakan pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, dan pendekatan keteladanan sehingga peserta didik dapat terhindar dari perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai agama dan moral.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
8010030183
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan agama islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?