Text
TESIS: Konsep Pendidikan dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19
Metodologi penelitian dalam tesis ini yang dilakukan di perpustakaan (library
research). Yaitu penelitian yang dilakukan melalui riset berbagai buku atau literatur
yang berkaitan dengan masalah penelitian. Literatur yang diteliti meliputi buku yang
berkaitan dengan pendidikan islam dalam al-Qur’an dan buku-buku tafsir berkaitan
dengan surah Luqman ayat 12-19. Dari literatur tersebut dapat ditemukan berbagai
pendapat yang digunakan untuk menganalisis dan menjawab permasalahan penelitian.
Berdasarkan jenis data, penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hakikat pendidikan Islam adalah untuk
mengabdi kepada Allah swt. Semata. Akan tetapi tujuan pengabdian ini tidak mudah
untuk diwujudkan karena masih sangat umum. Oleh karena itu, para ahli mencoba
merumuskan tujuan-tujuan pendidikan islam dari tujuan yang bersifat umum sampai
pada tujuan yang bersifat khusus dan sementara ataupun tahapan. Adapun Materi
pendidikan yang terkandung di dalam al-Qur’an khususnya yang terdapat di dalam
surah Luqman ayat 12-19 pada dasarnya meliputi tiga hal yang sangat fundamental
yaitu: (a) pendidikan aqidah/tauhid adalah merupakan pendidikan pertama yang harus
diberikan kepada anak-anak, agar sejak dini mengenal Allah swt Maha kuasa atas
segala sesuatu dan dialah yang menciptakan alam semesta termasuk manusia dan diri
anak itu sendiri. Adapun pendidikan tauhid yang terkandung di dalam QS Luqman
adalah larangan menyekutukan Allah dan meyakini adanya tempat kembali. (b)
pendidikan syariah/ibadah Pendidikan syariah atau ibadah adalah pendidikan yang
berusaha mengenalkan, menanamkan dan menghayatkan anak terhadap nilai-nilai
peraturan Allah swt tentang tata cara pengaturan perilaku hidup manusia, baik yang
berhubungan secara vertikal dengan Allah yang disebut ibadah, maupun berhubungan
secara horizontal dengan makhluk-nya, yang disebut hubungan muamalah. (c)
pendidikan akhlak yaitu memiliki rasa soisal kemasyarakatan yang tinggi memiliki
human ralationship yang kuat, mendidik anak untuk berbakti kepada kedua orang tua,
tidak sombong dan congkak, sedangkan Metode pendidikan dalam al-Qur’an surah
Luqman ayat 12-19 diantaranya: metode nasehat dan perintah, rendah hati. Diantara
metode tersebut adalah merupakan model/cara dalam menyerap ilmu pendidikan.
Metode yang dicontohkan oleh Luqman yang tertuang di dalam al-Qur’an antara lain:
Luqman al-Hakim mengajarkan kepada anaknya nilai yang sangat penting yaitu
senangtiasa bersyukur kepada Allah swt. Dan tidak menyekutukannya dan inilah
prinsip yang sangat mendasar yang diajarkan Luqman kepada anak-anaknya. Implikasi penelitian tesis antaralain: pertama, dapat membangun seluruh
potensi yang ada pada peserta didik baik potensi jasmani, rohani dan akal. Pendidikan
islam berusaha untuk mengantarkan peserta didik ke arah yang lebih dewasa dan
paripurna dengan memiliki Imtek (iman dan takwa) dan iptek (ilmu pengetahuan dan
teknologi) dengan cara mengembangkan secara optimal seluruh potensi tersebut.
Antara potensi satu dengan yang lain diharapkan saling mempengaruhi dalam
mencapai tujuan pendidikan islam. Kedua, Para pendidik di dalam melaksanakan
kegiatan proses pendidikan perlu memperhatikan unsur-unsur pokok materi
pendidikan Luqma al-Hakim yang terdapat di dalam QS Luqman ayat 12-19 ketiga,
Metode pendidikan yang terdapat di dalam surah Luqman ayat 12-19 perlu
dipertimbangkan untuk dimasukkan kedalam rumusan tujuan pendidikan nasional di
indonesia, sebab jika kita mencermati pendidikan tersebut khususnya yang ada di
indonesia belum memberikan dampak yang positif secara umum karena perilaku
seorang peserta didik belum menyentuh kebaktiannya terhadap pendidik baik guru
maupun orang tua.
Tidak tersedia versi lain