Text
TESIS: STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 21 MAKASSAR
Tesis ini bertujuan: (1) Mengkaji strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar. (2) Mengetahui
mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar. (3) Mendeskripsikan faktor
pendukung dan faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar. (4) Mengetahui alternatif kepala
sekolah menghadapi hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA
Negeri 21 Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
pengumpulan data melalui observasi, interviu, dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis, sosiologis, psikologis dan manajerial.
Data yang diperoleh dianalisis secara kesinambungan, yaitu mereduksi data,
menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar meliputi:
komitmen, visi-misi, team work, membagi wewenang dan tanggung jawab,
sarana-pra sarana yang memadai, memberdayakan seluruh komponen sekolah,
kontroling, dan self evaluation. Mutu pendidikan meliputi: input yang baik, proses
yang baik, outpun dan outcome yang baik. Faktor pendukung meliputi:
kepemimpinan yang ramah dan tidak sentralistik, sarana-pra sarana memadai,
SDM (profesionalisme), team work yang baik, dukungan seluruh komponen
sekolah dan masyarakat. Foktor penghambat meliputu: Rendahnya sarana,
rendahnya kualitas guru, rendahnya prestasi siswa, Mahalnya biaya pendidikan.
Alternatif: meliputu: Tingkatkan sarana., evalusi guru ( tingkatkan
profesionalisme), bimbingan kontinew bagi seluruh siswa, briping bersama team
work, musyawara bersama seluruh stake holders.
Implikasi dari penelitian ini adalah, strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 21 Makassar terlaksana secara
efektif dan efesien, mutunya bagus karena banyak alumninya diterima diberbagai
Universitas Negeri, faktor pendukungnya terpenuhi sehingga mampu
menwujudkan pendidikan yang bermutu, faktor penghambatnya dapat
diminimalisir sehingga semua masalah yang dihadapi bisa diselesaikan secara
baik dengan berbagai alternatif yang dilakukan.
Tidak tersedia versi lain