Text
DISERTASI: Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi dan Elaborasi dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Belajar Bahasa Arab Mahasiswa (Studi Eksprimen pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare)
Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana
pengaruh penerapan model pembelajaran kolaborasi dan elaborasi terhadap sikap
belajar bahasa Arab mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris di STAIN
Parepare. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan sikap belajar mahasiswa,
mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kolaborasi dan elaborasi dalam
pembelajaran bahasa Arab, serta mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kolaborasi dan elaborasi terhadap sikap belajar bahasa Arab
mahasiswa Prodi TBI STAIN Parepare.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain yang
digunakan adalah true experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa semester V (lima) Prodi TBI sebanyak 220 orang. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak, 140 dengan pembagian 70 untuk kelas kontrol dan 70
untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi (observation); angket (questioner); wawancara (interview);
dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dengan uji statistik dengan
menggunakan bantuan program SPSS dengan terlebih dahulu dikonversi ke dalam
data berbentuk angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara sikap belajar bahasa Arab mahasiswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran kolaborasi dengan yang menggunakan model pembelajaran
konvensional, Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) pada baris “equal variances assumed” = 0.002 lebih kecil dari α = 0.05 maka
dengan ini H0 ditolak dan Ha diterima (2) terdapat perbedaan yang signifikan
antara sikap belajar bahasa Arab mahasiswa yang menggunakan model
pembelajaran elaborasi dengan yang menggunakan model pembelajaran
konvensional. Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2-tailed)
pada baris “equal variances assumed” = 0.005 lebih kecil dari α = 0.05 maka
dengan ini H0 ditolak dan Ha diterima (3) terdapat hubungan yang signifikan
antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi dengan
sikap belajar bahasa Arab mahasiswa, Berdasarkan output SPSS dapat dilihat
bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0.003 lebih kecil dari α = 0.05 maka dengan ini H0
ditolak dan Ha diterima. dan (4) terdapat hubungan yang signifikan antara
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran elaborasi dengan sikap
belajar bahasa Arab mahasiswa. Berdasarkan output SPSS dapat dilihat bahwa
nilai Sig. (2-tailed) = 0.008 lebih kecil dari α = 0.05 maka dengan ini H0
ditolak dan Ha diterima.
Tidak tersedia versi lain