Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: KORELASI  STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES  DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN DI WATAMPONE
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: KORELASI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN DI WATAMPONE

SAMSINAR - Nama Orang;

Disertasi ini merupakan penelitian mengenai salah satu strategi pembelajaran yakni strategi multiple intelligences. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi strategi multiple intelligences guru Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone, (2) untuk mengungkapkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone, (3) untuk menemukan ada tidaknya korelasi positif strategi multiple intelligences terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone.
Jenis penelitian ini adalah correlational dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: pendekatan metodologis dan studi. Pendekatan metodologisnya adalah survey dan pendekatan studinya adalah psikologis, sosiologis, pedagogis, dan religius. Adapun populasinya adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang ada pada SMPN di Watampone yang berjumlah 34 orang dengan sampel jenuh atau sampel berpopulasi. Selanjutnya, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menjumlah skor dan membuat tabel dari masing-masing strategi multiple intelligences, kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengkorelasikan strategi multiple intelligences terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone, dan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase untuk mengetahui implementasi strategi multiple intelligences dan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone dan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 17 untuk menguji ada tidaknya korelasi yang signifikan antara strategi multiple intelligences dengan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi multiple intelligences telah diimplementasikan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam pada SMPN di \Watampone, walaupun belum maksimal. Strategi yang dimaksud adalah strategi kecerdasan verbal atau linguistik, strategi kecerdasan logis-matematis, strategi kecerdasan visual-spasial, strategi kecerdasan kinestetik, strategi kecerdasan interpersonal, strategi kecerdasan intrapersonal, strategi musikal, strategi kecerdasan naturalis, dan strategi kecerdasan spiritual. Kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone terfokus pada kualitas proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone. Jika hal ini dikorelasikan maka ternyata memiliki korelasi yang signifikan antara strategi multiple intelligences dengan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone. Terbukti dengan hasil angket yang telah diolah dan dianalisis oleh penulis dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa terjadi korelasi antara strategi multiple intelligences dengan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone. Nilai korelasinya adalah 0,526 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa kedua variabel di atas berkorelasi positif. Jika diinterpretasikan dengan menggunakan Tabel Nilai “r’ product moment df = 32 maka taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,349, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel = 0,449. Dengan demikian, ternyata bahwa rxy lebih besar dari rt baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena rxy lebih besar dari rt maka hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nihil ditolak.
Implikasi dari penelitian ini adalah : 1) Diperlukan kajian yang mendalam dan komprehensif terhadap multiple intelligences dalam berbagai jenjang pendidikan. 2) Bagi para stakeholder pendidikan, agar melakukan berbagai pelatihan atau seminar yang berbasis multiple intelligences sehingga para guru dapat memahami konsep multiple intelligences dengan baik dan menerapkannya dalam pembelajaran. 3) Diperlukan langkah-langkah yang sistemik dan sistematik dalam mengembangkan lebih jauh konsep multiple intelligences.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3 SAM k
80100308036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 SAM k
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan agama islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?