Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STAIN PONTIANAK 
(KRITIK DESAIN MATERI AJAR DAN METODOLOGI)
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STAIN PONTIANAK (KRITIK DESAIN MATERI AJAR DAN METODOLOGI)

RAHMAP - Nama Orang;

Disertasi ini, berdasarkan judulnya ‘Pembelajaran Bahasa Arab di STAIN Pontianak (Kritik Desain Materi Ajar dan Metodologi)’ mendeskripsikan secara utuh tentang pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak. Penelitian ini difokuskan kepada tiga permasalahan pokok yaitu; pertama, bagaimana desain materi ajar pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak. Kedua, bagaimana penerapan metodologi dalam pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak. Ketiga, faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak.
Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat dari ketiga fokus permasalahan di atas, peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian kualitatif deskriftif ini menggunakan tiga pendekatan, satu metode dan tiga teknik penelitian. Ketiga pendekatan yang dimaksud ialah pendekatan linguistik, pendekatan paedagogik dan pendekatan psikologis. Sedangkan metodenya ialah metode kualitatif deskriptif. Adapun tekniknya ialah dokumentasi, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, para dosen bahasa Arab di STAIN Pontianak dalam kegiatan pembelajarannya tidak memiliki acuan konseptual dalam bentuk desain materi ajar pembelajaran. Akibatnya ialah terjadi ketidakseragaman materi ajar karena masing-masing dosen melakukan ijtihad individual. Tampak materi ajar bahasa Arab I yang dipresentasikan tidak berkorelasi secara utuh dengan tujuan yang ingin dicapai khususnya bagi mahasiswa pemula. Kedua, dalam aspek metode pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak diketahui bahwa para dosen bahasa Arab di lembaga PTAIN tersebut mengakui bahwa metode eklektik merupakan metode yang lebih cocok diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Alasannya ialah karena metode tersebut dapat mengelaborasi aspek-aspek positif dari beberapa metode yang ada selama ini.
Meskipun para dosen tidak mengalami problem serius dari segi pemilihan dan penerapan suatu metode dalam pembelajaran bahasa Arab, namun dari segi presentasi materi ajar, kelihatan tidak gradual. Materi ajar tidak dimulai dari sesuatu yang paling mudah yaitu pembelajaran aspek fonologi yang meliputi kaidah menulis dan membaca huruf hijaiyah kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran kosa kata. Bahkan tampak sebagian dosen ada yang langsung mempresentasikan materi ajar yang sulit seperti membaca teks tidak berbaris untuk semester awal di mana banyak mahasiswanya masih level pemula. Jadi, pembelajaran bahasa Arab seperti ini dapat dikatakan tidak memenuhi aspek-aspek pendidikan dan kebahasaan. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak ada 2 (dua), faktor yang mendukung antara lain; sarana dan prasarana yang sudah memadai, sumber daya manusia (dosen) dari segi jumlah sudah cukup. Para dosen memiliki kompetensi akademik, sosial dan paedagogik. Selain itu, pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak sangat didukung oleh input yang berasal dari pondok pesantren dan madrasah aliyah dan secara umum tampak mahasiswa cukup antusias mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Adapun faktor yang dirasakan oleh sebagian mahasiswa menghambat pembelajaran bahasa Arab ialah faktor linguistik bahasa Arab yang dinilai lebih sulit dibanding bahasa asing lainnya, baik aspek fonologi, sintaksis dan morfologinya. Sedangkan faktor non linguistik yang tampak menghambat pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak antara lain seperti minat dan motivasi mahasiswa yang masih tergantung kepada dosen terutama yang berasal dari sekolah umum. Selain itu, ialah teknik pembelajaran sebagian dosen yang tampak terburu-buru dan tidak melakukan repetisi sehingga terkesan mempersulit mahasiswa di dalam memahami bahasa Arab. Terakhir ialah banyaknya beban mata kuliah yang harus dipelajari mahasiswa selain bahasa Arab.
Implikasi dari penelitian ini ialah penulis merekomendasikan beberapa hal penting untuk dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pontianak. Pertama, mendorong pemerintah agar menetapkan bahasa Arab menjadi bidang studi nasional sebagaimana bahasa Inggris. Kedua, pimpinan STAIN Pontianak perlu melakukan tiga hal, yaitu mengadakan pendidikan bahasa Arab ekstrakurikuler bagi semua mahasiswa baru minimal satu sumester, mendatangkan dosen bahasa Arab dari negara pengguna bahasa Arab dan mengirim dosen bahasa Arab STAIN Pontianak secara berkala ke negara pengguna bahasa Arab. Ketiga, para dosen bahasa Arab STAIN Pontianak perlu membentuk wadah pertemuan yang berfungsi khusus membahas persoalan yang terkait dengan pembelajaran bahasa Arab.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 492 RAH p
80100310040
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
492 RAH p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
492
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bahasa Arab
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?